Riauhub.com – Menanti kelahiran merupakan sebuah momen yang ditunggu-tunggu oleh banyak pasangan suami istri. Sebagai bentuk kesyukuran atas kelahiran sang bayi, maka diadakan aqiqah oleh kedua orang tua bayi. Seperti ajaran Rasulullah SAW tentang aqiqah:

Dari sahabat Samurah bin Jundub radhiyallahu anhu, Rasulullah SAW bersabda,

“Setiap anak tergadaikan dengan aqiqahnya. Disembelih pada hari ketujuh, dicukur gundul rambutnya, dan diberi nama.” (H.R. Ahmad)

Hukum aqiqah adalah sunnah muakkad dan status setiap anak yang lahir ke dunia adalah tergadai sampai akikah dilaksanakan pada anak tersebut. Ketentuan tentang jumlah hewan yang disembelih untuk akikah sesuai dengan H.R. Abu Daud dan Nasai:

“Barang siapa di antara kamu ingin beribadah tentang anaknya, hendaklah dilakukan aqiqah untuk anak laki-laki dua ekor kambing yang sama umurnya dan untuk anak perempuan seekor kambing.”

Sebelum melaksanakan aqiqah, ada beberapa sunnah yang dilakukan saat menyambut kelahiran sang buah hati. Menurut Al-Ghazi dalam Kitab Fathul Qarib bahwa beberapa hal berikut ini disunnahkan untuk dilakukan  oleh orang tuanya (bapaknya) yaitu:

  1. Saat anak baru lahir, memperdengarkan adzan pada telinga kanan dan iqomah pada telinga kiri
  2. Memberi sedikit kurma yang sudah dilembutkan pada mulut anak sampai tertelan.
  3. Diberi nama pada hari ketujuh
  4. Setelah penyembelihan hewan akikah, rambut bayi dipotong dan sunnah bersedekah dengan emas atau perak seberat timbangan rambut yang dipotong.

Adapun manfaat dari aqiqah adalah:

  1. Merupakan bentuk pendekatan diri kepada Allah SWT sekaligus sebagai wujud rasa syukur atas karunia yang dianugerahkan oleh Allah dengan lahirnya sang anak.
  2. Akikah sebagai sarana mengekspresikan rasa gembira dalam melaksanakan syariat Islam dan bertambahnya keturunan umat Rasulullah SAW.
  3. Berbagi kebahagiaan bersama fakir miskin, serta tetangga, dan sanak saudara dengan memberikan makan daging akikah yang sudah dimasak.

Setelah memahami tentang sejarah, dalil, dan keutamaan aqiqah, maka ada satu hal yang harus diperhatikan, yaitu cara penyembelihan hewan aqiqah. Berikut tata caranya:

  1. Hendaklah yang menyembelih adalah shohibul kurban sendiri jika mampu. Jika tidak mampu boleh diwakilkan orang lain dan disaksikan oleh shohibul kurban.
  2. Menggunakan pisau yang tajam.
  3. Tidak mengasah pisau di depan hewan yang akan disembelih karena akan membuat hewan tersebut ketakutan.
  4. Menghadapkan hewan ke arah kiblat
  5. Membaringkan hewan di atas lambung sebelah kiri.
  6. Meletakkan kaki di leher hewan yang akan disembelih.
  7. Disyariatkan membaca basmalah dan disunnahkan mmenambahkan takbir sebagaimana menyembelih hewan kurban.
  8. Disunnahkan menyebut aqiqah anak yang diaqiqahi seperti berikut: “Bismillahi Allahu Akbar hadzihi aqiqatu fulan (menyebutkan nama anak)”.
  9. Disembelih dengan cepat untuk meringankan rasa sakit yang dialami hewan kurban.
  10. Pastikan tenggorokan, kerongkongan, dan dua urat leher telah pasti terpotong.
  11. Tidak boleh mematahkan leher sebelum hewan benar-benar mati.

Dengan memenuhi tata cara penyembelihan di atas, daging tersebut akan berkualitas tinggi. Untuk memenuhi kualifikasi seperti uraian di atas telah hadir di Kota Pekanbaru dengan nama Kado Aqiqah atau singkatan dari Kambing-Domba Aqiqah.

Tidak hanya sistem penyembelihan yang sesuai syariat, namun ada beberapa hal berikut ini yang layak untuk dijadikan sebagai keunggulan dari Kado Aqiqah:

  • Kandang kambing dan domba yang letaknya strategis, tepat di tengah Kota Pekanbaru.
  • Pelanggan dapat melihat dan memilih langsung hewan yang akan disembelih. Tempatnya bersih dan terawat. Lokasi beralamat di Jalan Soekarno Hatta, Gg. Pelita, Kecamatan Payung Sekaki, Kota Pekanbaru, Riau. Jenis kambing dan domba yang bisa menjadi pilihan pelanggan adalah: boer, domba barbados, sanen, domba lokal, peranakan etawa, dan kambing kacang.
  • Penyembelihan dilakukan oleh tim ahli yang telah menguasai kriteria-kriteria sesuai dengan syariat yang dipaparkan di atas.
  • Harga terjangkau dengan kualitas terbaik.
  • Pelayanan daging aqiqah terbaik di Kota Pekanbaru dan sekitar.
  • Daging aqiqah dapat disajikan dalam bentuk masakan sesuai permintaan pelanggan. Misal: kari kambing, gule, kambing, gulai kambing, sop kambing, sate kambing, oseng-oseng kambing, cincang kambing, dll.
  • Hasil olahan daging kambing sangat enak dan tidak amis.
  • Pemilik usaha yang bernama Pak Rois merupakan orang yang terlatih dan ahli dalam bidang aqiqah.

Untuk memudahkan pelanggan mengetahui harga yang ditawarkan oleh Kado Aqiqah, berikut rinciannya:

Kado Aqiqah siap melayani pelanggan dengan sajian istimewa dan dengan cara penyajian yang syar’i. Untuk informasi lebih lanjut, bisa menghubungi nomor 082268696084.

1 Comment

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here