Riauhub.com – Pasar Bawah Pekanbaru merupakan pasar tradisional tertua bercorak khas Melayu. Pasar  Bawah dianugerahi sebagai pasar tradisional terbersih untuk kategori kota besar pada tahun 2007. Masyarakat Kota Pekanbaru memberi nama pasar ini dengan Pasar Bawah karena pasar ini terletak di bagian bawah (dekat dengan Sungai Siak). Sedangkan pasar yang posisi daerahnya lebih tinggi, disebut dengan Pasar Pusat. Pasar Bawah berlokasi di Jalan Saleh Abbas, Kelurahan Kampung Dalam, Kecamatan Senapelan, Kota Pekanbaru.

Pasar Bawah disebut juga dengan Pasar Wisata. Setiap pelancong yang singgah di Kota Pekanbaru akan merasa ada yang kurang bila tidak mengunjungi pasar berlantai empat tersebut. Berbagai camilan dijual di Pasar Wisata ini.

BACA JUGA  Masjid Raya Nur Alam, Masjid Raya Pekanbaru yang Tak Lagi Cagar Budaya

Lantai pertama Pasar Bawah dijual berbagai macam kuliner, seperti: dodol durian, bermacam-macam ikan asin, serta berbagai macam ikan salai. Pengunjung sering menjadikan ikan salai baung sebagai oleh-oleh khas dari Pekanbaru.

Di lantai dua, terdapat banyak jenis makanan kemasan impor berupa coklat dari Malaysia dan Singapura. Selain itu, ada juga berbagai jenis guci dan aksesoris berupa gelang, cincin, kalung, bros jilbab, dijual di Pasar Wisata. Ada juga berbagai perlengkapan pernikahan dan gantungan kunci dari Malaysia dan Singapura.

Berbagai jenis kain bermotif Melayu juga dijual di lantai dua Pasar Bawah. Jenis-jenis motif Melayu seperti: Pucuk Rebung, Siku Keluang, dan lain-lain.

BACA JUGA  3 Hal ini Menjadi Alasan Serunya Wisata ke Museum Sang Nila Utama

Di lantai tiga Pasar Bawah terdapat berbagai jenis tas dan sepatu. Tas dan sepatu yang dijual berasal dari lokal dan impor. Harga barang disesuaikan dengan kualitasnya.

Di lantai empat dan merupakan lantai teratas, terdapat berbagai jenis pakaian. Selain itu, dijual juga barang-barang antik berupa guci dari Cina dan karpet dari Timur Tengah.

Di sepanjang jalan di sekitar Pasar Bawah banyak terdapat ruko-ruko yang menjual barang-barang bekas. Barang yang dijual merupakan barang bekas dengan kualitas tinggi, namun dijual dengan harga murah. Barang-barang tersebut berupa ban bekas, velg mobil bekas, keramik dari Cina, karpet dari Timur Tengah, tas wanita dari Italia, dan lain-lain.

Leave A Reply

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini