Riauhub.com – Pelabuhan Pelindo I hanya tinggal bangunan tua saja. Tidak ada lagi aktivitas masyarakat di sana. Tapi, banyak sekali wisatawan yang mengunjungi pelabuhan ini. Seperti siang ini, beberapa pengunjung tampak mendengarkan penjelasan dari pemandu wisata.

PT Pelindo I merupakan Pelabuhan Pekanbaru yang berada di Kelurahan Kampung Bandar. Dermaga tua ini dibangun oleh Pemerintahan Hindia Belanda sekitar tahun 1920. Penguasa pelabuhan disebut dengan Haven Meester.

Dermaga besar ini adalah pintu gerbang perekonomian masyarakat sejak pemerintahan Kerajaan Siak Sri Indrapura. Dermaga ini dijadikan sebagai pusat perniagaan (bandar). Oleh sebab itu, higga kini nama wilayah ini disebut dengan Kampung Bandar.

BACA JUGA  Rumah Tuan Qadhi, Tempat Persinggahan Sultan Syarif Qasim II di Pekanbaru

Penguasa dermaga disebut juga dengan Syahbandar. Penguasa dari Belanda akan mengambil pungutan (cukai) terhadap semua barang dagangan yang diangkut oleh kapal dan sampan.

Pada tahun 1960, pengelolaan pelabuhan sudah berada di bawah kendali pemerintah Indonesia. Tahun 1991 Pelabuhan Pekanbaru dikelola oleh PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) Cabang Pekanbaru (Persero).

1 Comment

Leave A Reply

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini