Riauhub.com – Seluruh umat Islam di Indonesia saat ini tengah menyambut datangnya bulan suci Ramadan. Selama 1 bulan penuh, umat Islam akan menjalankan ibadah puasa.

Selama Ramadan, kita tak hanya menahan lapar dan haus. Namun, alangkah baiknya jika dibarengi dengan meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita.

Semasa hidupnya, Nabi Muhammad telah mencontohkan kepada umatnya mengenai tiga amalan yang bisa dilakukan saat Ramadan.

Seperti yang disampaikan Ustaz Adi Hidayat Lc MA dalam ceramahnya yang dikutip merdeka.com.

Salah satu amalan yang bisa dilakukan adalah memperbanyak sedekah. Ustaz Adi mengutip Ibnu Abbas RA bahwa tidak ada kegiatan Nabi Muhammad yang lebih maksimal saat Ramadan, kecuali memperbanyak sedekahnya.

BACA JUGA  Ini Dua Waktu Terbaik Mengerjakan Sholat Duha

Berikut 3 amalan yang bisa dilakukan selama Ramadan mengikuti Nabi Muhammad:

1. Meningkatkan Kuantitas dan Kualitas Salat

Ustaz Adi mengatakan, di bulan Ramadan, amalan pertama yang dijalankan Rasulullah adalah meningkatkan kualitas dan kuantitas salat. Salat yang dimaksud bukan salat wajib, melainkan sunah.

“Ternyata Nabi saat masuk bulan Ramadan amalan salatnya meningkat. Sunahnya meningkat,” ujarnya.

Meningkatkan kuantitas dan kualitas salat tidak hanya dilakukan siang hari, tetapi juga malam hari. Di antaranya salat tahajud.

2. Perbanyak Interaksi dengan Alquran

Amalan kedua yang dilakukan Nabi Muhammad yaitu meningkatkan interaksi dengan Alquran. Ustaz Adi menyebut, ada tiga cara untuk berinteraksi dengan Alquran.

Pertama, memperbanyak membaca Alquran. Kedua, memahami makna yang terkandung dalam Alquran. Ketiga, menghafal ayat-ayat Alquran.

BACA JUGA  Bermesraan Suami-Istri Saat Puasa Ramadhan, Bolehkah?

Alquran sendiri diturunkan pada 17 Ramadan. Turunnya Alquran bertepatan dengan malam yang disebut Lailatul Qadar.

Tujuan turunnya Alquran sudah dijelaskan dalam Alquran surat Al Baqarah ayat 185:

“(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Alquran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil).”

3. Perbanyak Sedekah

Amalan terakhir yakni memperbanyak sedekah. Ustaz Adi mengutip Ibnu Abbas RA bahwa tidak ada kegiatan Nabi Muhammad yang lebih maksimal di bulan Ramadan, kecuali memperbanyak sedekahnya.

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here