Riauhub.com – Satu orang Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Covid-19 asal Kabupaten Kuantan Singingi Riau berpulang ke Rahmatullah, Senin (27/4/2020).

Dengan demikian, jumlah PDP Covid-19 di daerah ini kembali bertambah.

Kepastian ini didapat dari juru bicara gugus tugas penanganan covid-19 Kuansing, dr Amelia Nasrin. Sebelumnya, sudah terdengar kabar satu PDP Kuansing meninggal.


“Dapat info PDP atas nama AS meninggal dunia Senin kemarin,” kata dr Amel, Selasa (28/4/2020).

AS, 32 tahun, merupakan warga Kecamatan Singingi Hilir. Ia menjalani perawatan di sebuah rumah sakit swasta di Pekanbaru.

Sebelum menghembuskan nafas terakhir, AS sendiri sudah tidak dirawat di ruang isolasi.

Hingga saat ini, jumlah PDP yang meninggal di Kuansing sudah sebanyak empat orang.

Dari jumlah tersebut, lima sehat, dua masih dalam perawatan di RSUD Teluk Kuantan dan sisanya meninggal.

Di Kuansing, data per 28 April, ada sebanyak 3.069 ODP. Dari jumlah tersebut sebanyak 2.284 orang selesai pemantauan dan 785 orang masih dalam pemantauan.

Baru 60 Orang Jalani Rapid Test

Pemkab Kuansing melalui Dinas Kesehatan sudah menggelar rapid test Covid-19 kepada warga yang masuk kategori Orang Dalam Pemantaun (ODP).

BACA JUGA  Tambah 5 Positif, Total 125 Kasus Covid-19 di Riau

Namun hingga saat ini, jumlah warga yang sudah menjalani rapid test hanya 60 orang.

Kepala bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kuansing, Jumardi, Selasa (28/4/2020) mengatakan, sejauh ini pihaknya baru mendapat 120 alat rapid test.

Jumlah tersebut didapat dalam dua gelombang pengiriman dari Pemprov Riau.

“Pengiriman pertama itu kita dapat 80. Pengiriman kedua 40,” kata Jumardi.

Pengiriman pertama itu, tes dilakukan ke 40 warga yang masuk kategori ODP. 40 warga tersebut sudah menjalani dua kali rapid test.

“Kalau yang tahap pertama, enggak ada yang positif. Sesuai prosedur, kita sudah dua kali gelar rapid test ke 40 orang itu,” katanya.

Sedangkan alat rapid test pengiriman kedua, sudah dilakukan ke 20 orang. Nah, di sinilah didapat ada warga yang positif Covid-19 lewat rapid test.

Seperti diketahui, pada Kamis (23/4/2020) lalu, Puskesmas Sungai Sirih, Kecamatan Singingi menggelar rapid test Covid-19.

BACA JUGA  Update Covid-19 Riau: Tambah 5 Positif, Total 367 Kasus

Hasilnya, ada dua warga yang positif. Keduanya, ayah dan anak yakni H, 38 tahun dan anaknya NA, 8 tahun.

RSUD Teluk Kuantan sudah mengambil sampel swab terhadap ayah dan anak tersebut serta enam orang lainnya yang kontak erat.

Sampel swab akan diuji di laboratorium RSUD Arifin Achmad, Pekanbaru.

Itu masih tes pertama. Sedangkan tes kedua belum bisa diketahui. Sebab, sisa rapid test yang ada – yang seharusnya untuk tes kedua – sudah didistribusikan ke Puskesmas.

Jumardi mengatakan, saat ini pihaknya menunggu kiriman rapid test yang ketiga dari Pemprov Riau. Belum diketahui kapan akan datang.

“Kita sudah minta. Enggak tahu kapan datang dan berapa jumlah yang akan dikirim,” terangnya.

Rapid test dilakukan kepada warga yang masuk kategori ODP dan diutamakan dengan gejala. ODP tanpa gejala, belakangan.

Di Kuansing sendiri, data per 28 April, ada sebanyak 3.069 ODP. Dari jumlah tersebut sebanyak 2.284 orang selesai pemantauan dan 785 orang masih dalam pemantauan.

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here