Riauhub.com – Dua anak berusia di bawah lima tahun atau balita di Provinsi Riau dikonfirmasi positif terserang Covid-19 menurut data Dinas Kesehatan Provinsi Riau yang disiarkan Senin (4/5). Penyebab balita pasien Covid-19 yang ke-29 dan ke-47 tersebut tertular virus corona belum diketahui pasti.

Orang tua balita pasien ke-47 mengakui sudah mengikuti pertemuan Tenaga Kesehatan Teladan di Kota Dumai. Ini merupakan salah satu klaster penularan Covid-19 di Riau.

“Orangtuanya hadir di acara Nakes, dilakukan (pemeriksaan) swab hasilnya negatif. Kita belum bisa memastikan dari mana sumber penularan anak tersebut, banyak kemungkinan-kemungkinannya,” kata Juru Bicara Penanganan Covid-19 Indra Yovi.

BACA JUGA  Maju di Pilkada Bengkalis, Samsu Dalimunte Terancam di-PAW PKS

Balita pasien ke-29 juga berasal dari Dumai. Anak berusia dua tahun itu diduga tertular virus corona dari kakeknya, pasien Covid-19 yang ke-27 asal Kecamatan Dumai Kota. Kakek tersebut punya riwayat perjalanan dari Bekasi, Provinsi Jawa Barat, salah satu daerah penularan virus corona.

Balita tersebut kini kondisinya stabil dan tidak sebagaimana pasien dewasa. Dia boleh ditemani oleh orang tua selama menjalani perawatan di ruang isolasi rumah sakit.

Orang tua yang mendampingi pasien Covid-19 harus mengenakan alat pelindung diri lengkap dan menandatangani surat pernyataan. “Salah satu dari orangtuanya diizinkan menemani anak tersebut di ruang isolasi tapi tentu dengan perlindungan APD untuk orangtuanya dan pernyataan kalau ada risiko terpapar virus dari anaknya yang dia jaga di ruang isolasi,” kata Indra.

BACA JUGA  Jangan Coba-Coba Pakai Knalpot Bising di Pekanbaru, Ini Sanksinya

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here