Riauhub.com – Pasca diumumkannya pasien baru positif Covid-19 yang ternyata pernah berkunjung ke tempat wisata Sungai Hijau Desa Salo Bangkinang, kawasan itu kini ditutup sementara mulai hari ini Minggu (7/6/2020).

Masyarakat Salo, Camat Salo bersama Babinsa, Bhabinkamtibmas dan Satpol PP di Kecamatan Salo sepakat menutup sementara Tempat Wisata Sungai Hijau di Desa Salo Kecamatan Salo.

Babinsa Salo, Kopda Ali Hasan, Minggu (7/6/2020) mengatakan tadi malam masyarakat dengan Camat, Satpol PP dan Babinsa serta Bhabinkamtibmas melakukan pertemuan setelah adanya informasi adanya pasien posutif tersebut.

Ia menuturkan dari pertemuan tersebut, tempat wisata yang dikelola masyarakat ini disepakati ditutup sementara waktu mulai Minggu (7/6/2020).

Langkah tersebut disepakati demi memutus mata rantai penyebaran Covid 19.

Sementara itu, hari ini, Minggu (7/6) jajaran pemerintah Kabupaten Kampar yang terdiri dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kampar, Satpol PP Kampar, BPBD Kampar, Dinas Kesehatan Kampar dan jajaran Upika bersama melakukan penutupan operasi tempat wisata tersebut.

BACA JUGA  Belajar Tatap Muka Terbatas di Riau Mulai 1 Juli, Syamsuar Ingatkan Bupati-Wako Berhati-hati

Kepala Dinas Kesehatan Kampar, Dedi Sambudi menuturkan penutupan objek wisata tersebut sebagai langkah awal mencegah penyebaran Covid 19.

Ia mengatakan setelah penutupan ini akan dilakukan tracing lebih lanjut dengan berkoordinasi pihak pemerintah Provinsi Riau.

“Koordinasi dengan pemerintah Provinsi dilakukan karena pasien berada di Pekanbaru dan saat ini tim dari Kampar tidak bisa menghubungi langsung pasien untuk menggali keterangan,” ungkapnya.

Dedi menyebutkan dalam waktu dekat masyarakat yang ikut dalam operasional objek wisata akan dilakukan rapid test.

Terkait operasional tempat wisata yang dikunjungi pasien posutif Covid 19 terjadi saat masa transasi PSBB menuju New Normal.

“Untuk menunjang perekonomian masyarakat destinasi wisata berdasarkan SK Kementrian Kesehatan dibenarkan beroperasi,” ungkapnya.

Namun demikian syarat beroperasinya tempat wisata tersebut harus disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan.

BACA JUGA  Kadis Kominfo Riau Meninggal Akibat Corona, 2 Pekan Lalu Baru Dilantik Gubernur

Diberinya kelonggaran bagi destinasi wisata untuk beroperasi dan menerima pengunjung dari pantauan terlihat masih banyak masyarakat tidak menaati protokol kesehatan seperti tidak memakai masker.

“Kita sangat sayangkan ini di tempat wisata masih ada yang tidak menaati protokol kesehatan. Jika begini nanti apabila destinasi wisata kedapatan tidak mengindahkan protokol kesehatan pemerintah akan tegas langsung menutup,” ungkapnya.

Dirinya menyebutkan langkah tegas ini sudah di kordinasikan dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kampar.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kampar, Zulia Dharma menuturkan beroperasinya tempat wisata Sungai Hijau tanpa ada informasi dan izin dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kampar.

“Untuk mencegah penyebaran wabah Covid 19 ini, sebagai langkah awal tempat wisata Sungai Hijau ditutup sementara,” ucapnya.

Ia menuturkan untuk langkah lanjutan nantinya akan ditindaklanjuti oleh Dinas Kesehatan untuk tracing dan penyemprotan desinfektan dilokasi. 

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here