Riauhub.com – Fitur autoreply WhatsApp atau membalas pesan WhatsApp secara otomatis memang baru tersedia di WhatsApp (WA) versi Business, yang ditujukan untuk para pemilik usaha.

Namun, pengguna WhatsApp reguler pun bisa membalas pesan otomatis, meski tidak mendaftarkan diri sebagai akun WhatsApp Business, dengan bantuan aplikasi pihak ketiga.

Nah, tahukah Anda bahwa dengan bantuan aplikasi pihak ketiga, Anda bisa membuat semacam chatbot untuk membalas pesan secara otomatis, tanpa harus membuka aplikasi WA?

Sebenarnya, banyak aplikasi yang dapat digunakan untuk membalas pesan WA secara otomatis di toko aplikasi Google Play Store.

Namun, pilihan KompasTekno tertuju pada aplikasi Auto Reply buatan PransuInc lantaran memiliki sejumlah fitur yang terbilang cukup lengkap dan gratis. Lantas, bagaimana cara memakai aplikasi tersebut?

Cara bikin pesan balasan otomatis

Pertama-tama, unduh aplikasi Auto Reply yang tersedia di Google Play Store lewat tautan berikut ini. Setelah terpasang, buka dan izinkan aplikasi untuk membaca notifikasi WA yang masuk.

Beberapa saat kemudian, pengguna bakal disodori dengan tampilan utama aplikasi Auto Reply. Di sini, klik ikon “+” yang berada di bagian tengah bawah antarmuka aplikasi untuk mulai membuat chatbot.

BACA JUGA  Ini 5 Fitur Baru di WhatsApp dan Cara Menggunakannya
Cara membuat pesan balasan otomatis WhatsApp Business lewat aplikasi Auto Reply.(KOMPAS.com/Bill Clinten)

Pada halaman selanjutnya, pilih jenis aplikasi WhatsApp yang Anda gunakan, apakah WhatsApp reguler (WA Official) atau WhatsApp Business, kemudian tulis kata kunci atau pesan yang nantinya bakal memicu balasan otomatis.

Misalnya, pengguna bisa mengetikkan kata kunci tanda “*” dan memilih opsi “All” untuk merespons semua pesan yang masuk agar dibalas secara otomatis.

Contoh lain, pengguna bisa memasukkan kata kunci (keyword) spesifik, seperti “Halo”, dan memilih opsi “Exact match” untuk memicu balasan otomatis. Jika demikian, hanya pesan masuk berbunyi “Halo” saja yang akan dibalas secara otomatis.

Apabila sudah memasukkan kata kunci, pengguna bisa langsung membuat isi balasan otomatis yang mereka inginkan, dengan memilih opsi pengaturan lainnya, dengan menggulirkan tampilan layar ke bawah.

Anda bisa membuat balasan yang formal apabila nomor WhatsApp dipakai untuk bisnis, atau pesan yang kasual jika nomor WhatsApp hanya dipakai untuk berkomunikasi dengan teman.

“Maaf slow respons, pesan akan segera dibalas begitu dibaca/online kembali,” seperti itu misalnya.

BACA JUGA  Telegram Kembangkan Layanan Panggilan Video Grup

Setelah selesai membuat isi pesan, klik ikon “centang” yang terletak di bawah kanan tampilan aplikasi.

Nantinya, balasan otomatis yang tadi dibuat bakal muncul di halaman utama Auto Reply, seperti tampak pada gambar di bawah ini (sebelah kiri). Pengguna bisa menonaktifkannya dengan mengklik pesan tersebut hingga ujung tab berwarna merah.

Jika ingin menambahkan balasan otomatis lain, misalnya ingin membuat pesan berdasarkan kata kunci spesifik yang baru, pengguna bisa mengulangi langkah tadi.

Setelah itu, pengirim pesan lantas bakal direspons dengan balasan otomatis, ketika mereka memasukkan kata kunci yang sudah dibuat oleh sang pelaku bisnis, sebagaimana ilustrasi pada gambar di sebelah kanan di atas.

Jika mereka memasukkan kata kunci “Menu”, misalnya, pengguna bakal dibalas dengan balasan otomatis yang memang dipicu oleh kata “Menu”.

Perlu dicatat, agar balasan otomatis yang sudah dibuat bisa dikirimkan ke pengguna, pastikan toggle Auto Reply yang terletak di bagian kanan atas aplikasi diaktifkan. Selain itu, pastikan pula aplikasi tersebut tetap berjalan di background smartphone.

Leave A Reply

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini