Riauhub.com – Objek Wisata Istana Siak Assereyah Hasyimiah atau Istana Matahari Timur di Riau, kembali menerima kunjungan wisatawan mulai besok, Senin 22 Juni 2020. Seperti destinasi wisata lainnya, pengunjung harus mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Pejabat Sekretaris Daerah Pemerintah Kabupaten Siak, Jamaluddin mengatakan sebelum dibuka untuk wisatawan, pengelola telah melakukan sosialisasi pelaksanaan tatanan new normal. “Supaya jangan ada kasus baru setelah objek wisata ini dibuka,” kata Jamaluddin di Siak, Sabtu 20 Juni 2020.

Protokol kesehatan yang harus ditaati oleh pengunjung antara lain memakai masker. Pengujung harus mengenakan masker mulai dari membeli karcis. Saat masuk ke pagar Istana Siak, petugas akan mengarahkan wisatawan untuk mencuci tangan

BACA JUGA  Kampus USU Lockdown, Sejumlah Dosen Positif Covid-19 dan Ada yang Meninggal Dunia

Wisatawan tak bisa langsung masuk ke dalam istana yang merupakan peninggalan pemerintahan Sultan Syarif Hasyim dan dibangun pada 1889, itu. Pengunjung harus mengantre menunggu giliran untuk masuk di tenda yang telah disediakan. Jika sudah waktunya masuk, wisatawan punya waktu 20 sampai 30 menit untuk menikmati suasana di dalam Istana Siak.

Terpisah, Ketua Perhimpunan Ahli Epidemiologi Indonesia atau PAEI Cabang Riau, Wildan Asfan Hasibuan mengatakan hingga kini belum ada obat dan vaksin Covid-19. Meski begitu, dia melanjutkan, masyarakat tetap dapat menjalani aktivitas dengan aman dan sehat asalkan menaati protokol kesehatan yang telah ditentukan.

BACA JUGA  Tambah 2 Lagi, Total 4 Anggota DPRD Riau Positif Covid-19

“Yang penting tetap disiplin dan ada pengawasan kepada masyarakat,” ucapnya. Kabupaten Siak, menurut Wildan, sudah siap menerapkan tatanan new normal agar tetap produktif dan aman dari Covid-19.

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here