Riauhub.com РTiga tahanan yang positif covid-19 di Kuansing diperkirakan kabur saat subuh, sekitar pukul 05.00 wib, Rabu (26/8/2020). Tiga tahanan tersebut kabur dari aula Mapolres Kuansing yang dijadikan sebagai tempat isolasi mandiri tahanan yang positif covid-19.

“Melarikan diri subuh tadi sekitar pukul 05.00 wib,” kata Kapolres Kuansing AKBP Hengky Poerwanto, SIK MM, Rabu (26/8/2020).

Aula Mapolres Kuansing sendiri dijadikan sebagai tempat isolasi mandiri bagi tahanan yang positif covid-19 sejak 14 Agustus lalu. Baik itu tahanan Pokres sendiri, Lapas kelas IIB Teluk Kuantan maupun tahanan Kejari Kuansing.

Kala itu, kasus positif covid-19 di Kuansing memunculkan klaster tahanan. Bahkan dalam satu hari, pernah penambahan 18 kasus positif dari klaster ini.

BACA JUGA  Hilang 4 Hari, Bocah 6 Tahun di Riau Ditemukan Tewas di Semak-semak

Kapolres menjelaskan pada 14 Agustus ada 19 pasien positif di aula tersebut yang terdiri dari 3 tahanan Lapas, 15 tahanan Kejaksaan dan 1 tahanan Polri. Pada 23 Agustus, 8 tahanaan dinyatakan sembuh.

“Sehingga tinggal 11 orang lagi. Namun dari 11 orang yang tersisa, 3 orang melarikan diri subuh tadi. Saat ini tinggal 8 orang yang diisolasi,” terang Kapolres.

Kapolres memperkirakan, tiga tahanan tersebut melepas borgol dari tangan pasangan tahanan yang terborgol dengannya. Setelah itu, tiga tahanan tersebut lompat melalui jendela bagian atas.

Saat itu, katanya, ada sembilan personil yang berrugas menjaga. Terdiri dari 5 personil Polri, 2 personil Kejaksaan dan 2 personil Lapas.

BACA JUGA  Panik, Pria di Riau Ini Buang Sabu saat Ditangkap Polisi di Wisma CNO Pangkalan Kerinci

“Diduga seluruh petugas sedang tertidur,” kata Kapolres.

Tiga tahanan tersebut terdiri dari satu tahanan Lapas kelas II B Teluk Kuantan yang berinisial SP (kasus pencurian). Dua lainnya merupakan tahanan Kejaksaan Negeri Kuansing inisial I dan U pada kasus penggelapan.

Pihak Polres sendiri saat ini sedang melakukan pengejaran terhadap tiga tahanan positif covid-19 yang kabur.

Total kasus positif covid-19 di Kuansing sendiri per 26 Agustus 2020 sebanyak 48 orang. Dari jumlah tersebut 1 orang meninggal dunia, 26 orang sembuh, dan sisanya masih dalam perawatan.

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here