Riauhub.com – Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Pelalawan Abu Mansyur Matridi-Habibi (Ridha) akan melakukan terobosan untuk meningkatkan minat baca masyarakat, terutama bagi pelajar dan mahasiswa di Kabupaten Pelalawan. Hal ini akan dilakukan jika Paslon urut 1 tersebut menang pada Pilkada 9 Desember 2020 mendatang.

Terobosan yang bakal ditawarkan adalah menyediakan fasilitas perpustakaan berbasis digital untuk memudahkan dan mempercepat akses layanan baca.

Demikian diungkapkan Calon Bupati Abu Mansyur Matridi kepada CAKAPLAH.com, Ahad (29/11/2020). “Saat ini kita perlu mengoptimalkan peran perpustakaan, termasuk mengembangkan perpustakaan berbasis digital. Kedepan kita akan bangun di Pelalawan berolakasi di Hutan Kota Pangkalan Kerinci,” paparnya.

Jika dilihat dari berbagai aspek, cakapnya, hutan kota Pangkalan Kerinci adalah lokasi yang pas didirikan pustaka berbasis digital. Disamping menjanjikan ketenangan, hutan kota Pangkalan Kerinci yang berada di jantung ibukota Pelalawan mudah diakses dari berbagai penjuru.

BACA JUGA  Alfedri Terpilih Secara Aklamasi Sebagai Ketua DPW PAN Riau

“Agar masyarakat lebih nyaman berkunjung dan betah berlama-lama, mencari kebutuhan sumber bacaan, disini nantinya di bangunan juga berbagai fasilitas pendukung lainnya,” ujarnya.

Menurut Abu Mansyur Matridi, di era digital seperti saat ini, upaya meningkatkan minat baca memang menjadi tantangan tersendiri. Oleh karena itu menurutnya perlu ada upaya peningkatan pengunaan teknologi sebagai salah satu langkah otomotisasi akses informasi untuk masyarakat.

“Melalui perpustakaan digital ini nantinya kita ingin menciptakan akurasi, kecepatan dan kelengkapan sebuah sistem yang terintegrasi sehingga memudahkan masyarakat untuk memilih koleksi buku bacaan,” bebernya.

BACA JUGA  Sah! Berikut Pasangan Calon Kepala Daerah se-Riau Jagoan PKS

Ia mengatakan perpustakaan merupakan salah satu faktor penting penunjang informasi untuk masyarakat. Saat ini literasi yang masih rendah membuat akses ke dunia pustaka juga masih kurang. Karena itu perlu upaya untuk terus meningkatkannya.

“Dengan adanya perpustakaan berbasis digital ke depan kita ingin masyarakat dimudahkan memilih buku bacaan sesuai keinginanannya,” ungkapnya.

Lebih lanjut Abu Masyur menerangkan, melalui sistem yang dibangun ini akan mempermudah pengeloalaan buku, mengurangi kesalahan pencatatan transaksi peminjaman dan pengembalian buku di perpustakaan serta mempermudah monitoring data stock buku yang tersedia.

“Tidak hanya itu, manfaat lainnya adalah perpustakaan digital ini akan mempermudah pencatatan buku, pendafatran anggota perpustakaan, transaksi peminjaman buku dan pembuatan laporan transaksi buku,” ujarnya.

Leave A Reply

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini