Riauhub.com – Sejumlah daerah di Kabupaten Kampar Riau terendam air. Ini terjadi dikarenakan tingginya curah hujan yang terjadi.

Kepala Pusdalops BPBD Kampar, Adi Chandra Lukita mengatakan, sejumlah daerah yang terendam air di Kabupaten Kampar sifatnya sementara.

Ia menjelaskan, hari ini dari pantauan tim dari BPBD Kampar, Desa Tarai Bangun yang berada di Kecamatan Tambang terendam air akibat tingginya curah hujan.

“Ketinggian air di lokasi tersebut mencapai 1 meter. Air setinggi tersebut merendam banyak rumah warga yang tinggal di daerah tersebut,” ungkapnya.

Dari data yang dihimpun karena luapan air tersebut, lebih kurang 200 kepala keluarga terdampak.

BACA JUGA  Pasien Positif Covid-19 Terakhir di RSUD Arifin Achmad Sembuh dan Boleh Pulang

Menurutnya, terjadinya luapan air di daerah tersebut, selain karena peningkatan curah hujan, juga karena kiriman air dari Kota Pekanbaru serta saluran drainase kurang baik.

Dituturkannya, ada Sungai Sialang di daerah desa tersebut, sungai tersebut yang mengalami pendangkalan.

Menurutnya terkait permasalahan drainase dan pendangkalan didaerah tersebut, pihak kecamatan dan desa sudah pernah diusulkan untuk duduk bersama dengan Pemerintah Kota Pekanbaru.

Namun sampai saat ini usulan tetsebut belum terealisasi.

Selain di tempat tersebut, luapan air juga terjadi di Desa Penyasawan, sejumlah rumah warga terdampak.

Ia menuturkan, luapan air yang terjadi di desa tersebut diakibatkan pendangkalan air sungai dan juga tersumbatnya beberapa aliran drainase.

BACA JUGA  Makam Khusus COVID-19 di Pekanbaru Menyisakan Setengah Hektare Lagi

Luapan air yang terjadi ini sifatnya hanya berlangsung sementara saja.

Adi Chandra mengatakan sejauh ini ancaman banjir besar yang bersumber dari bertambahnya debit air di PLTA Koto Panjang masih aman.

Menurutnya saat ini tinggi air di Waduk PLTA Koto Panjang masih berada dibatas aman, belum ada penambahan bukaan pintu air dilakukan.

Ia menuturkan luapan air yang terjadi pada hari ini lebih disebabkan tingginya curah hujan yang terjadi, serta drainase yang tersumbat.

“Luapan air yang merendam rumah warga ini sifatnya hanya berlangsung sementara,” ujarnya.

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here