Riauhub.com – Presiden Joko Widodo atau Jokowi menilai, evakuasi masyarakat ke dalam pos pengungsian bencana gempa di Sulawesi Barat sudah┬ádilakukan dengan baik. Hal ini diketahui, usai Jokowi melihat langsung situasi di lapangan dalam kunjungan kerjanya ke Majene dan Mamuju.

“Pengungsi terkelola dengan baik, yang ingin saya pastikan saya datang ke sini. Dan untuk tadi saya sudah sampaikan ke gubernur untuk gedung pemerintah yang roboh setelah diaudit nanti segera lapor ke pemerintah pusat akan bangun kembali,” kata Jokowi saat jumpa pers di lokasi, Selasa (19/1/2021).

BACA JUGA  Sempat Alami Sesak Nafas, Warga di Sekitar Semburan Gas di Tenayan Mengungsi

Jokowi menambahkan, terhadap rumah penduduk yang roboh akibat gempa, pemerintah jamin akan membantu. Bantuan akan disalurkan lewat uang dengan jumlah berbeda, tergantung pada tingkat kerusakan.

“Untuk yang rusak berat Rp 50 juta, untuk yang rusak sedang Rp 25 juta, dan untuk yang rusak ringan berarti yang retak-retak Rp 10 juta,” jelas Jokowi.

Kondisi Segera Pulih

Jokowi berharap dengan bantuan dari diberikan maka kondisi masyarakat segera pulih. Baik rumah yang roboh maupun pemulihan ekonomi, pemulihan pelayanan di pemerintahan, birokrasi, bisa segera kembali normal.

BACA JUGA  Banjir Kepung Limapuluh Kota Sumbar, Jembatan Putus dan Ternak Hanyut

“Saya rasa itu yang bisa saya sampaikan. Terakhir, saya ingin sampaikan rasa duka cita yang mendalam atas korban 80 orang yang meninggal, yang telah ditemukan. Semoga yang ditinggalkan diberi keikhlasan dan kesabaran,” Jokowi menandasi.

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here