Riauhub.com – Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) Airlangga Hartarto mengajak penyintas COVID-19 mau mendonorkan plasma konvalesennya. Ia mengimbau ini karena makin banyak pendonor plasma konvalesen maka berpengaruh terhadap meningkatnya kesembuhan pasien COVID-19. 

Airlangga menyampaikan pemerintah berharap tahun ini bisa terbentuk herd imunity terhadap virus COVID-19 di Tanah Air. Herd immunity merupakan perlindungan dari virus penyakit menular yang terealisasi saat suatu populasi punya kekebalan lewat vaksinasi maupun imunitas.

Menurut dia, dengan makin banyak pasien sembuh maka membantu mendukung terbentuknya herd imunity.

“Semakin banyak pasien sembuh, akan mendukung harapan Presiden Joko Widodo agar terbentuk herd imunity pada tahun ini,” kata Airlangga, dalam keterangannya yang dikutip, Minggu, 24 Januari 2021.

BACA JUGA  Pasien Positif COVID-19 Sempat Sholat Jamaah di Masjid Rimbo Panjang

Airlangga menekankan, donor plasma menjadi salah satu harapan kesembuhan bagi pasien COVID-19 selain obat-obatan dari tenaga medis. Kesembuhan ini terutama untuk pasien dengan gejala sedang hingga berat. 

Ia menyampaikan, pemerintah menggandeng Palang Merah Indonesia (PMI) akan mendukung terapi plasma sebanyak mungkin untuk pasien COVID-19.

“Bila ada 10 persen saja penyintas COVID-19 yang melakukan donor konvalesen, maka semakin banyak pasien sembuh,” lanjut Menko Bidang Perekonomian tersebut. 

Merujuk data Satuan Tugas Penanganan COVID-19 hingga per Jumat, 22 Januari 2021, tercatat ada 781.147 pasien COVID-19 sembuh. Angka kesembuhan tersebut sebesar 80,9 persen dari seluruh pasien yang terkonfirmasi COVID-19.

BACA JUGA  25 Karyawan BRI di Pekanbaru Dilakukan Swab, 3 Positif Covid-19

Pun, Airlangga sudah mendonorkan plasma konvalesennya saat pencanangan Gerakan Nasional Donor Plasma, Senin, 18 Januari 2021. Ia berharap langkahnya dengan mendonorkan plasma konvalesen bisa diikuti penyintas COVID-19 lain di seluruh Indonesia. 

“Saatnya berbuat baik untuk sesama agar menjadi pendonor plasma konvalesen, sehingga menambah angka kesembuhan,” jelasnya.

Cara Airlangga yang mendonorkan plasma konvalesen diapresiasi Ketua Umum Dewan Pengurus Korpri Nasional (DPKN) Zudan Arif Fakrulloh. Bagi, langkah Ketua Umum Golkar itu layak ditiru seluruh aparatur sipil negara (ASN) di tengah pandemi COVID-19. “Patut diteladani, contoh yang sangat baik,” ujar Zudan.

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here