Riauhub.com – Vaksin COVID-19 yang didistribusikan dari Pekanbaru saat ini sudah tiba di Kabupaten Kepulauan Meranti, Kamis (28/1) siang. Vaksin Sinovac asal Tiongkok itu didistribusikan menggunakan transportasi jalur darat dan laut menuju ke Kepulauan Meranti.

Vaksin itu tiba di Kepulauan Meranti sekitar pukul 12.20 WIB di Pelabuhan Rakyat Nursya’adah di Jalan Tebingtinggi. Begitu tiba, langsung dibawa ke Gudang Farmasi Dinas Kesehatan yang dikawal ketat oleh sejumlah pihak kepolisian dari Polda Riau, Polres Kepulauan Meranti, dan TNI.

Salah seorang koordinator pengawalan pendistribusian vaksin dari pihak Polda Riau menerangkan, saat pendistribusian melibatkan lima personil dari Brimob dan tiga dari Ditlantas Polda Riau.

“Dari pukul 08.30 WIB kita dari sana (Pekanbaru – Buton), hingga sampai disini (Meranti) pukul 13.00 WIB. Pengawalan saat diperjalanan Alhamdulilah situasinya aman,” ujar Kompol Effendi, salah seorang perwira di bagian Dirlantas Polda Riau.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kepulauan Meranti, Muhammad Fahri mengungkapkan, pasca vaksin tiba pihaknya akan segera mempersiapkan pencanangan vaksinasi yang rencananya dimulai pekan depan.

BACA JUGA  Kadiskes Ungkap Penyebab Pimpinan Forkopimda Riau Gagal Divaksin

“Untuk informasi waktu dan tempatnya belum dapat kita dapatkan. Namun dalam waktu dekat akan segera kita informasikan, termasuk orang yang divaksinasi dalam pencanangan itu,” kata Fahri.

Ia mengakui rencana vaksinasi awalnya dijadwalkan pada 14 Januari 2020 lalu. Namun setelah mendapat keputusan dari Kementerian Kesehatan, rencana tersebut diundur hingga vaksin didistribusikan ke Kepulauan Meranti.

“Setelah kita berkoordinasi dengan pihak kementerian baru hari ini vaksin bisa didistribusikan ke Meranti. Karena sebelumnya rencana vaksinasi dilakukan pada 14 Januari lalu,” ujar Fahri.

Soal pencanangan perdana, lanjut Fahri, akan ada 10 nama yang melibatkan dari unsur pemerintah dan forkompinda untuk divaksinasi. Nama – nama itu akan melewati screening test sebelum divaksinasi.

“Namanya sudah kita dapatkan dan akan di fix kan dulu bersama pemerintah daerah. Proses awalnya kita lakukan screening atau cek kesehatan, apakah orang itu bisa divaksinasi atau tidak,” jelasnya.

BACA JUGA  Pemprov Riau Ingatkan Warga Tak Mau Divaksin Bisa Kena Sanksi

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan itu menuturkan, ada sebanyak 1920 dosis vaksin Sinovac yang didistribusikan oleh Pemprov. Vaksin itu akan disasarkan kepada 940 tenaga kesehatan (nakes) di Kepulauan Meranti.

“Vaksinasi kepada nakes akan dilakukan secara bertahap. Targetnya Februari mendatang bisa selesai,” tambah Fahri lagi.

Wakil Bupati Kepulauan Meranti, Drs Said Hasyim yang saat itu juga ikut menyambut kedatangan vaksin. Ia optimistis dengan adanya vaksin COVID-19 itu nanti bisa mengembalikan suasana baru dan aman dari bahayanya bencana virus asal Wuhan di Kepulauan Meranti.

“Vaksin ini sebagai upaya untuk segera mengatasi penyebaran COVID-19. Mudahan dengan usaha kita ini masyarakat dapat terhindar dari penyakit itu, sehingga semua segala sektor dan aktivitas bisa segera pulih kembali,” harap Said Hasyim.

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here