Riauhub.com – Selain di kantor DPRD Pekanbaru, di waktu libur kantor, Ketua DPRD Pekanbaru Hamdani masih menerima masukan dan aspirasi masyarakat. Bahkan aspirasi itu bisa lebih dinamis dan beragam.

Aspirasi itu disampaikan masyarakat Pekanbaru ke Rumah Aspirasi di Jalan Belimbing, Kelurahan Wonorejo. Rumah Aspirasi sengaja dibuat agar masyarakat dapat lebih terbuka menyampaikan usulan, masukan, dan keluhan.

“Dari sekian banyak permasalahan yang ditampung, sebagian besar alhamdulillah dapat dituntaskan,” kata Ketua DPRD Pekanbaru Hamdani MS SIP, Ahad (31/1).

Dia menyebutkan, anggota dewan perwakilan rakyat baik kabupaten atau kota, provinsi bahkan pusat merupakan representasi dari masyarakat. Jadi anggota dewan diharapkan dapat sebagai perpanjangan tangan untuk mengakomodir kepentingan rakyat.

Rumah Aspirasi dibuat dalam rangka menyerap aspirasi dan keluhan warga Kota Pekanbaru secara umumnya dan khususnya warga Kecamatan Marpoyan Damai dan Bukit Raya dapil pemilihan Hamdani. Rumah aspirasi juga membantu masyarakat dalam menyelesaikan permasalahan yang dikeluhkan. Ada yang kesulitan dalam pengurusan KTP, KK dan juga urusan adminduk lainnya. Permasalahan di tempat kerja, di sekolah dan lain sebagainya. Dia juga menerima masukan, kritikan dan juga saran dari masyarakat.

BACA JUGA  Ketua DPRD Pekanbaru: Semburan Gas Harus Segera Ditangani Dengan Baik

Untuk memaksimalkan peran dan fungsi sebagai anggota legislatif, Hamdani menyediakan waktu khusus di Rumah Aspirasi yang biasanya di hari Sabtu atau Ahad, 2 kali dalam sebulan untuk berdiskusi langsung dengan masyarakat. Selain itu tentu saja di kantor DPRD Pekanbaru saat jam kerja.

Pada Ahad (31/1), misalnya, Hamdani menerima langsung beberapa warga yang datang ke Rumah Aspirasi. Ada yang meminta bantu solusi terkait permasalahan sekolah anak, permasalahan ekonomi, diskusi tentang UMKM, menawarkan kerja sama untuk kepentingan masyarakat dan lain sebagainya. Hamdani dengan serius mendengarkan aspirasi yang disampaikan sembari memberikan solusi.

Di samping aktivitas di kantor dan kegiatan lainnya, melalui Rumah Aspirasi ini juga banyak terdapat hal yang jadi masukan hingga kritikan. Banyak juga informasi baru yang akan ditindaklanjuti.

BACA JUGA  Pasien Baru Covid-19 Bertambah 8 Orang di Kota Dumai Riau

“Semuanya kita siap layani. Sesuai tagline PKS, Bersama Melayani Rakyat,” tambah Hamdani, politisi PKS ini.

Dia berharap, semoga dengan adanya hari Rumah Aspirasi ini, masyarakat semakin yakin dan percaya bahwasanya keberadaan anggota dewan hadir di saat mereka butuhkan. Jadi anggota dewan bukan hanya hadir, saat mereka butuh suara masyarakat saja. Dia pun mengajak anggota dewan lainnya juga tetap berbuat bagi rakyat.

“Semoga ke depan kita semua menjadi lebih baik,” ujar Hamdani.

Syafrida, salah seorang warga yang menyampaikan aspirasinya kepada Hamdani pagi itu menyatakan bahwa memang ada solusi dari keluhan yang disampaikannya. Jadi tidak mengambang saja.

“Memang ada solusi dan langkah konkret dalam rangka menindaklanjuti aspirasi dari kami,” kata Syafrida.*

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here