Riauhub.com – Untuk mengatisipasi kabakaran hutan dan lahan (Karhutla), Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau segera menetapkan status siaga darurat Karhutla tahun 2021.

Hal itu disampaikan Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar usai menghadiri Rakorsus Karhutla tahun 2021 secara virtual yang dipimpin Menko Polhukam, di Gedung Daerah Pekanbaru, Selasa (9/2/2021).

“Tadi sudah diarahkan oleh pak Menko Polhukam, berhubung laporan BMKG beberapa wilayah di Riau sudah masuk musim panas, karena itu tadi diarahkan agar Riau menetapkan status siaga darurat Karhutla,” kata Gubri Syamsuar.

BACA JUGA  6 Nakes di Inhil Positif Covid-19, 1 Pegawai Puskemas

Berdasarkan arahan tersebut, lanjut Gubri, maka dalam waktu dekat Pemprov Riau akan segera menetapkan status siaga darurat Karhutla 2021. 

“Secepatnya kita tetapkan. Dalam bulan ini kita tetapkan status siaga darurat Karhutla Riau 2021,” jelasnya.

Namun sebelum status siaga darurat Karhutla Provinsi Riau ditetapkan, kata Gubri, terlebih dahulu Pemprov Riau meminta kabupaten/kota yang daerahnya sudah terjadi kebakaran untuk menetapkan status siaga darurat Karhutla. 

“Kita minta dulu kabupaten dan kota menetapkan status. Karena syaratnya minimal harus dua kabupaten atau kota menetapkan, baru provinsi menetapkan,” terangnya. 

BACA JUGA  Pandemi Covid-19 Riau Dibayang-bayangi Bencana Kabut Asap


Dijelaskan Gubri, sampai saat ini sudah empat daerah yakni Kota Dumai, Kabupaten Siak, Bengkalis, dan Rokan Hilir yang terjadi Karhutla. 

“Kita harapkan diantara empat kabupaten kota ini segera menetapkan status siaga darurat Karhutla, selanjutnya kami juga akan menetapkan,” imbuh mantan Bupati Siak dua priode tersebut.

Leave A Reply

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini