Riauhub.com – Masa kerja Yopi Arianto sebagai Bupati Indragiri Hulu (Inhu) berakhir pada tanggal 17 Februari 2021. Dua periode sudah Yopi memimpin semenjak tahun 2010 sampai 2021.

Menutup masa kerjanya dalam membangun Kabupaten Inhu, Yopi hadir di tengah masyarakat untuk meresmikan Masjid Darussalam di Desa Seresam, Kecamatan Seberida, Kabupaten Inhu.

Peresmian Masjid yang dibangun dengan swadaya masyarakat itu dilakukan usai melaksanakan sholat Jumat bersama para warga, Jumat (12/2/2021). 

Di hadapan warga Desa Seresam, Yopi berpamitan dan mengucapkan terimakasih.

“Tidak terasa sudah dua periode kepemimpinan saya sebagai Bupati Inhu akan berakhir, banyak cerita yang luar biasa di Desa Seresam ini,” kenang Yopi.

Lingkungan desa Seresam sudah akrab bagi orang nomor satu di Kabupaten Inhu itu. Mulai dari masa kecilnya Yopi sudah sering tinggal dan bermain di Desa Seresam.

Hingga akhir masa jabatannya, Yopi berkata warga Desa Seresam banyak memberikan dukungan terhadap pemerintah.

BACA JUGA  Riau Larang PNS Keluar Daerah saat Libur Nataru, Begini Penjelasannya

“Desa Seresam menjadi desa yang diunggulkan bahkan sampai ke tingkat nasional,” ujarnya. 

Sebagai kepala daerah, Yopi memuji perjuangan warga Desa Seresam dan kepemimpinan Ahmad Saqowi sebagai Kepala Desa (Kades) dalam memajukan desa.

Salah satu keberhasilan di Desa Seresam, yakni pembangunan Masjid Darussalam.

Selama delapan tahun lebih, masyarakat Desa Seresam membangun Masjid Darussalam yang saat ini diklaim sebagai Masjid terbesar di Kabupaten Inhu.

Pasalnya Masjid tersebut mampu menampung 2000 hingga 3000 jamaah.

Pembangunan Masjid tersebut memakan anggaran hingga Rp 9 Miliar. Meski pembangunan Masjid tersebut belum rampung sampai 100 persen.

Oleh karena itu untuk merampingkan pembangunan Masjid tersebut diperkirakan menelan anggaran sampai Rp 11 Miliar.

Sebagian besar dana tersebut merupakan hasil kontribusi setiap warga Desa Seresam dari setiap hasil panen yang diberikan untuk pembangunan Masjid.

Di samping itu juga ada bantuan dari Pemda Inhu untuk pembangunan Masjid tersebut. 

Oleh karena itu, saat penandatanganan prasasti Yopi ditemani oleh Kades Seresam dan juga Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Inhu, Samsudin yang juga warga Desa Seresam.

BACA JUGA  5 Kantor di Pemprov Riau Tutup Pasca Pegawainya Positif covid-19

Yopi juga turut menyerahkan bantuan jam digital jadwal sholat yang merupakan CSR Bank BNI.

Mengakhiri pidatonya Yopi sempat berpantun mengucapkan terimakasih dan mohon maaf atas kesalahan dan kekhilafannya selama memimpin Inhu. 

Hal serupa juga disampaikan Kades Seresam, Ahmad Saqowi. Saqowi mengucapkan terimakasih kepada Yopi Arianto yang telah memimpin Inhu selama dua periode.

“Pak Bupati punya banyak kisah di Desa Seresam ini, sudah tak bisa terbilang lagi berapa banyaknya. Di akhir masa jabatannya, saya mewakili masyarakat Desa Seresam mengucapkan terimakasih atas kepemimpinan dan perhatian Pak Yopi,” pungkasnya. 

Saqowi menargetkan dengan pembangunan Masjid Darussalam tersebut bisa membawa Desa Seresam menjadi desa religi.

Oleh karena itu pada kesempatan itu juga dilakukan peresmian Taman Pendidikan  Alquran (TPQ) Darussalam Desa Seresam.

Leave A Reply

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini