Riauhub.com – Jadwal pelantikan Kepala Daerah Terpilih Hasil Pilkada Serentak 2020 di Riau hingga saat belum ada kepastian sedangkan masa jabatan akan berakhir.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau masih menunggu surat dari Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) terkait jadwal pelantikan Kepala Daerah Terpilih Hasil Pilkada Serentak 2020 di Riau itu.

Pada Hasil Pilkada Serentak 2020 di Riau tanggal 9 Desember 2020 lalu, ada sembilan kabupaten dan kota di Riau yang melaksanakan pemilihan kepala daerah dan sudah menghasilkan Kepala Daerah Terpilih.

Diantara kabupaten dan kota yang sudah punya Kepala Daerah Terpilih Hasil Pilkada Serentak 2020 di Riau itu yakni Kota Dumai, Kabupaten Bengkalis, Siak, Rohil, Rohul, Meranti, Kuansing dan Pelalawan serta Indragiri Hulu.

Hanya saja, Kepala Daerah Terpilih Hasil Pilkada Serentak 2020 di Riau itu ada yang menjalani gugatan di Mahkamah Konstitusi .

Sementara itu, dari sembilan daerah tersebut, ada empat kabupaten kota yang Akhir Masa Jabatan (AMJ) walikota dan bupatinya berakhir 17 Februari besok yakni, Dumai, Bengkalis, Meranti dan Indragiri Hulu.

BACA JUGA  Ada Mobilisasi Pemilih di PT Torganda, Pilbup Rohul Riau Diulang di 25 TPS

Dari empat daerah yang AMJnya akan berakhir tersebut, dua daerah hasil Pilkadanya masih bersengketa di Mahkamah Konstitusi (MK), yakni Meranti dan Inhu.

Sehingga tinggal dua daerah lagi yang AMJnya akan berakhir dan hasil Pilkadanya tidak ada masalah lagi yakni Dumai dan Bengkalis.

Kepala Biro (Karo) Tata Pemerintahan (Tapem) Setdaprov Riau Sudarman, Senin (15/2/2021) mengungkapkanan pelantikan bupati/wakil bupati Bengkalis dan Walikota/wakil walikota Dumai terpilih hingga saat ini belum bisa dipastikan.

Sebab pihaknya belum mendapat surat dari Kemendagri terkait jadwal pelantikan kepala daerah hasil Pilkada serentak di Riau.

BACA JUGA  PKS dan PPP Resmi Usung Abi Bahrun-Herman untuk Pilkada Bengkalis 2020

“Untuk AMJ kepala daerah memang tanggal 17 Februari besok sudah habis, tapi untuk pelantikanya kita belum tau kapan, karena sampai hari ini kami belum mendapatkan surat edaran dari menteri (Mendagri),” kata Sudarman.

Lalu bagaimana jika AMJ sudah berakhir dan jadwal pelantikan belum juga ditetapkan oleh Mendagri, Sudarman menegaskan Penjabat (PJ) bupati dan Walikota tetap akan menjabat sampai pelantikan dilaksanakan.

“Kalau sampai AMJ berakhir Kepala Daerah Terpilih belum juga dilantik, maka PJ  Bupati dan Walikota tetap masih menjabat,” ujarnya. 

Seperti diketahui, untuk jabatan PJ Bupati Bengkalis saat ini dijabat oleh Syahrial Abdi yang merupakan asisten III Setdaprov Riau.

Sedangkan untuk PJ Walikota Dumai dijabat oleh H Jonli yang merupakan Kepala Dinas Tenaga Kerja Riau.

Leave A Reply

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini