Riauhub.com – Maskapai bujet Lion Air kembali memberikan promo berupa bagasi gratis. Tapi, hanya untuk rute domestik tujuan tertentu.

Lewat siaran pers yang dilansir dari detikTravel, Senin (22/2/2021), Lion Air mengumumkan informasi terbaru dengan memberikan layanan gratis bagasi 15 kg yang mulai efektif 22 Februari 2021 hingga pemberitahuan lebih lanjut.

Fasilitas ini sebagai bagasi tercatat atau terdaftar (checked baggage), yaitu barang bawaan penumpang yang diserahkan dan dilaporkan melalui petugas di meja pelaporan terminal keberangkatan bandar udara (check-in counter) setelah ditimbang dan dibawa ke ruang bagasi atau kompartemen kargo pesawat udara.

Gratis bagasi 15 kg itu berlaku khusus pemesanan awal sebelum keberangkatan (prepaid baggage) pada semua jadwal penerbangan rute domestik Lion Air yang dilayani pergi pulang (PP), meliputi:

1. Jakarta – Batam – Jakarta
2. Batam – Jakarta – Batam

Informasi kota dan bandar udara keberangkatan:

1. Jakarta – Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta di Tangerang, Banten (CGK)
2. Batam – Bandar Udara Internasional Hang Nadim di Batu Besar, Pulau Batam, Kepulauan Riau (BTH).

Layanan bagasi tercatat gratis 15kg merupakan program baru Lion Air untuk penerbangan Jakarta – Batam – Jakarta dan Batam – Jakarta – Batam guna menjawab peluang dan tantangan bisnis seiring pertumbuhan tren perjalanan udara yang simpel, sesuai era kekinian. Selain itu, upaya meningkatkan minat bepergian menggunakan pesawat udara.

BACA JUGA  Pesawat Batik Air yang Mendarat Darurat di Jambi Berhasil Dipindahkan

Hadirnya opsi program khusus ini, setiap penumpang dapat melakukan perjalanan udara (traveling) lebih ekonomis serta terjangkau dengan pilihan kapasitas bagasi tercatat 15kg.

Ketentuan pelaksanaan gratis bagasi 15kg, sebagai berikut:

1. Khusus calon penumpang yang mempunyai tiket penerbangan Lion Air, pada:

a. Periode pemesanan mulai 22 Februari 2021 dan seterusnya,
b. Periode penerbangan mulai 22 Februari 2021 dan seterusnya.

2. Proses mendapatkan bagasi gratis 15kg, bersamaan ketika melakukan pembelian atau pemesanan tiket (issued ticket) mulai 22 Februari 2021 dan seterusnya:

a. Secara online (www.lionair.co.id, online travel agent dan call center) harus memilih menu bagasi gratis 15 kg yang tertera Rp 1,

b. Secara offline (ke kantor penjualan Lion Air, kantor agen mitra perjalanan dan lainnya) wajib menyampaikan bahwa: membutuhkan (ingin memperoleh) bagasi gratis 15kg.

3. Proses mendapatkan gratis bagasi 15kg dilakukan maksimal 6 (enam) jam sebelum keberangkatan,

4. Bagi calon penumpang yang sudah memiliki tiket pesawat Lion Air (tiket dipesan dan diterbitkan mulai 22 Februari 2021) dan belum memperoleh gratis bagasi 15kg, maka untuk mendapatkan dengan:

a. Mengisi atau memasukkan (input) kode pemesanan tiket (booking code) pada tahap pemilihan bagasi 15kg melalui www.lionair.co.id

b. Alternatif: menunjukkan kode pemesanan tiket melalui kantor penjualan Lion Air Group.

BACA JUGA  Sriwijaya Air Gratiskan Rapid Test Antigen, Cek Rutenya

5. Demi kenyamanan penumpang, petugas check-in akan melakukan pengukuran bagasi di check-in counter untuk membantu guna menentukan apakah bagasi memenuhi persyaratan ini. Apabila melebihi 15kg, maka membayar biaya tambahan agar bagasi dapat diangkut sebagai bagasi terdaftar.

6. Bagi bayi yang tidak berhak atas kursi, kereta bayi lipat atau kursi dorong yang bisa dilipat, atau keranjang bayi atau kursi mobil dapat didaftarkan sebagai bagasi atau diterima sebagai bagasi kabin penumpang, tergantung ukuran, dimensi serta ketersediaan ruang.

7. Penumpang dilarang untuk mendaftarkan atau membawa barang berbahaya di pesawat, antara lain

a. Bahan peledak seperti kembang api, petasan, bom yang belum meledak dan lainnya yang sejenis.
b. Bahan magnetik yang kuat.
c. Zat beracun (termasuk insektisida) dan zat korosif atau zat pengoksidasi (termasuk pemutih).
d. Semua jenis kompor untuk memasak.
e. Zat radioaktif.
f. Bahan-bahan yang mudah terbakar, termasuk sebagian besar korek api atau bahan bakar pemantik.
g. Gas bertekanan seperti katrij gas untuk kompor berkatrij gas, semprotan oksigen untuk olahraga, semprotan penghilang debu dan lainnya yang sejenis.

8. Ketika di check-in counter, harap pastikan bagasi bertanda khusus (dilabeli) sesuai data penerbangan dan destinasi yang tepat. Nomor tanda terima bagasi dan bagasi terdaftar harus sama.

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here