Riauhub.com – Jadwal Sidang lanjutan pembuktian sengketa hasil Pilkada di Mahkamah Konstitusi (MK) untuk Kabupaten Indragiri Hulu diagendakan Senin (1/3/2021) besok.

Pengacara Paslon Rizal Zamzami-Yogi Susilo akan menyiapkan 50 bukti tambahan lagi untuk memperkuat gugatan mereka di MK.

Pengacara Saut Maruli Tua Manik mengatakan sidang akan dimulai pukul 8.00 WIB, dalam sidang pembuktian tersebut pihaknya sudah menyiapkan 50 bukti tambahan yang akan diserahkan ke MK.

“Bukti tambahan kita ada sekitar 50 tambahan lagi yang akan diserahkan nanti di persidangan MK,”ujar Saut Maruli Tua Manik kepada tribunpekanbaru.com Minggu (28/2/2021).

Di antaranya bukti tambahan yang akan diserahkan pengacara tersebut, berupa putusan PN dan PT (kekuatan tetap), bukti – bukti baru seperti pengakuan dan kecurangan yang di lakukan KPU.

“Untuk putusan PN dan PT ini terhadap putusan Kepala Desa dan Kepala Dinas, itu sangat kuat karena sudah vonis,”ujar Saut Maruli Tua Manik.

BACA JUGA  PKS dan PPP Resmi Usung Abi Bahrun-Herman untuk Pilkada Bengkalis 2020

Selain menyiapkan bukti tambahan, pihak pengacara juga sudah mempersiapkan secara matang, termasuk persiapan saksi yang diajukan.

“Akan ada 3 orang saksi dan ahli 2 orang sebagaimana syarat yang disampaikan MK. Ahli 1 orang yg tampil sedangkan 1 lagi memberikan legal opinion,”jelas Saut Maruli Tua Manik.

Dengan kondisi ini, pengacara yakin gugatan mereka bisa diterima MK dan sesuai tuntutan mereka mendiskualifikasi pasangan yang ditetapkan KPU menang.

“Insya Allah, kami yakin di kabulkan, dan MK mengambil keputusan secara adil,”jelas Saut.

Sebagaimana diketahui dua gugatan yang masih berlanjut di MK yakni Indragiri Hulu jadwalnya Senin (1/3/2021) dan berikutnya Rokan Hulu yang diagendakan Rabu (3/3/2021).

KPU Siapkan Saksi

Sebelumnya, agenda untuk sidang lanjutan sengketa hasil Pilkada di Mahkamah Konstitusi (MK) akan dimulai 1 Maret 2021 besok.

KPU Provinsi bersama KPU Kabupaten yang digugat di Riau terus mempersiapkan saksi dan alat bukti untuk hadapi sidang tersebut.

Sebagaimana diketahui agenda sidang berikutnya di MK merupakan agenda pembuktian dan pemeriksaan saksi, KPU Riau sebagai Kordinator terus melakukan konsolidasi dan rapat internal bersama dua Kabupaten yang digugat.

BACA JUGA  Pilkada Serentak 2020, Syamsuar: Target Golkar Menang 60 Persen di Riau

Dua kabupaten yang masih lanjut sengketa di MK yakni Indragiri Hulu dan Kabupaten Rokan Hulu.

Keduanya masing-masing digugat oleh Paslon Rizal Zamzami-Yogi Susilo untuk Pilkada Inhu, menggugat keputusan KPU Inhu menetapkan kemenangan Rezita Meylani-Junaidi Rahmat.

Berikutnya Paslon Hafith Syukri-Erizal menggugat keputusan KPU Rokan Hulu menetapkan kemenangan pasangan calon Sukiman – Indra Gunawan.

“Sekarang ini untuk KPU Inhu dan Rohul, konsolidasi dan rapat internal untuk menyiapkan saksi dan alat bukti tambahan,”ujar Komisioner KPU Riau Divisi Hukum Dan Pengawasan Firdaus kepada tribunpekanbaru.com Rabu (24/2/2021).

Firdaus menambahkan, sesuai dengan keputusan MK, saksi dari masing-masing pihak hanya boleh 3 orang plus 1 saksi ahli.

“Intinya kami sebagai penyelenggara siap untuk menghadapi agenda sidang berikutnya di MK,”ujar Firdaus.

Leave A Reply

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini