Riauhub.com – Ayah kandung Sertu Bah Yoto Eki Setiawan, salah satu awak kapal selam KRI Nanggala 402 yang tenggelam di laut Bali, ternyata tinggal di Kabupaten Siak, Riau.

Tepatnya di Dusun Sri Mersing, Desa Jati Baru, Kecamatan Bungaraya. 

Sertu Bah Yoto Eki Setiawan juga pernah datang ke Siak mengunjungi ayahnya tersebut.

Dia bahkan mengabadikan momennya kala berkunjung ke Istana Siak.

Kini, kabar tentang Sertu Bah Yoto Eki Setiawan itu ramai diperbincangkan sebagai putra Kabupaten Siak yang ikut dalam misi latihan peluncuran torpeda dengan kapal selam Nanggala 402. 

Ketua Badan Permusyawaratan Kampung (Bapekam) Jati Baru, Hasan Bisri mengatakan, meski pun Sertu Eki tidak pernah tinggal lama di Kabupaten Siak, namun warga desa Jati baru tetap menganggapnya sebagai anak orang Siak.

Sebab, ayah kandung Eki bernama Kris Handoko, atau dikenal sebagai Marno Kumis masih tinggal di Siak hingga saat ini.

BACA JUGA  Gubernur Riau Imbau Satpol PP Lebih Humanis Saat Awasi PPKM Level 4

Warga di kabupaten Siak ikut berbelasungkawa dan merasakan perasaan Kris Handoko atas musibah kapal selam Nanggala 402 yang di dalamnya ada Sertu Eki Setiawan. 

Minggu (25/4/2021) malam, warga di kampung Jati Baru melayat ke rumah Kris Handoko.

Para tetangga,  kerabat dan masyarakat setempat mendatangi rumah ayah kandung Sertu Eki.

Mereka berdoa bersama semoga Sertu Eki meninggal sebagai syuhada, sebab berjuang di perut samudra demi bangsa dan negara. 

“Kami datang ke rumah Pak Kris Handoko untuk berdoa dan mengucapkan belasungkawa, ikut merasakan kesedihan Pak Kris, namun kita juga hadir untuk memberikan semangat agar beliau tabah dan sabar,” kata Hasan Bisri. 

Menurut Hasan Bisri, Sertu Eki tidak pernah tinggal bersama ayahnya di Desa Jati Baru.

Sertu Eki berdomisili di Jawa Timur bersama ibunya kandungnya.

BACA JUGA  Fraksi PKS Riau Taja Lomba Baca Kitab Kuning dan Hafalan Qur’an Surat Yasin, Ini Pemenangnya

Sebab, ayah dan ibu eko sudah lama bercerai.

“Saya belum pernah berjumpa dengan Sertu Eki. Dari keterangan ayahnya, Sertu Eki pernah datang mengunjungi ayahnya ke desa kami pada 2018 lalu. Bahkan kata ayahnya Eki baru pertama itu datang ke Siak,” kata Hasan Bisri.

Berdasarkan keterangan ayahnya yang diulangi Hasan kepada media, Eki bergabung dengan TNI Angkatan Laut sejak 6 tahun lalu.

Namun, almarhum baru menikah pada dan 2020 lalu. 

“Istri almarhum juga tengah hamil. Mertua Eki juga anggota TNI, tetapi TNI Angkatan Darat berpangkat Letkol,” kata Hasan. 

Hasan juga menyampaikan pesan ayah Eki kepada masyarakat kabupaten Siak agar ikut mendoakan semoga Sertu Bah Yoto Eki Setiawan meninggal dunia dalam keadaan syuhada dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan kesabaran. 

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here