Riauhub.com – Kasus tambahan harian COVID-19 di Riau naik drastis dan tercatat urutan tertinggi kemarin di tingkat nasional. Satgas mengungkap kasus kematian juga meningkat.

“Kemarin adalah kasus harian tertinggi di Riau di samping angka kasus kematian. Kita memperkirakan di bulan Mei ini bisa menembus 15 ribu kasus dalam sebulan,” terang Juru Bicara Satgas COVID-19 Riau, dr Indra Yovi, Kamis (27/5/2021).

Satgas memprediksikan kasus COVID akan terus naik hingga mencapai puncaknya pada Juni dan Juli. Kenaikan kasus ini diprediksi bisa terjadi jika tidak ada upaya serius penanganan COVID-19.

BACA JUGA  Wawako Pekanbaru Ayat Cahyadi Resmikan Kantor Layanan LAZISMU ke-15

“Kalau kita tidak lakukan yang luar biasa, maka akan terjadi peningkatan luar biasa di Juni dan Juli,” katanya.

Indra juga mencatat dalam sehari ada 10-15 orang meninggal dunia akibat COVID-19. Dalam catatan harian, disebutkan ada pasien yang meninggal dalam 3 jam.

“Lalu kalau melihat angka kematian rata-rata harian itu mencapai 10-15 kasus/hari. Kalau dihitung rata-rata tiap 3 jam ada orang meninggal karena COVID atau dalam sebulan ini ada 300 an orang, itu jumlah yang besar,” katanya.

Selain peningkatan tracing, tercatat ada beberapa penyebab meningkatnya kasus COVID-19. Salah satunya karena banyak yang datang dari luar daerah saat libur lebaran.

BACA JUGA  Sejumlah Jalan di Pekanbaru Disekat, Ini Rute Pengalihan Arus Malam Tahun Baru

“Penyebab kasus naik, kejadian sesudah lebaran kembali dari luar kota datang ke Riau tidak melalui screening yang pas dan menjangkiti keluarganya. Sesudah kasus impor, terjadilah klaster keluarga di Riau,” katanya.

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here