Riauhub.com – Warga Desa Mumpa, Kecamatan Tempuling, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Riau, digegerkan kemunculan seekor buaya, Selasa (1/6/2021).

Tak hanya menampakkan diri, kemunculan buaya sepanjang 3 meter disekitar pemukiman warga, memangsa kambing milik warga.

Momen saat buaya tersebut memangsa seekor kambing milik Tarom warga RT 02 RW 07 Dusun Cabang Galah Desa Mumpa, bahkan sempat direkam dengan kamera ponsel.

Berdasarkan penuturan warga setempat, sekitar satu bulan ini buaya berukuran besar itu selalu menampakkan wujudnya.

Buaya itu juga sering muncul dan naik ke darat menuju pemukiman warga dan memangsa kambing warga.

“Buaya itu sering muncul dan menjadi tontonan warga setempat dan orang dari luar desa,” ungkap Baharuddin, seorang warga Desa Mumpa yang melihat langsung kemunculan buaya tersebut.

BACA JUGA  Pamit Pergi Mancing, Pria di Inhu Ditemukan Tewas Diduga Diterkam Buaya

Baha sapaan akrabnya, meminta kepada pihak yang berwenang untuk menindaklanjuti peristiwa ini demi keamanan warga setempat. Pasalnya, hingga kini warga desa diliputi kekhawatiran dan resah dengan teror predator tersebut.

“Warga berharap agar buaya tersebut segera dievakuasi, karena dikhawatirkan mengancam nyawa warga setempat,” imbuhnya.

Dinas Pemadaman Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kabupaten Inhil sebelumnya sudah berkoordinasi dengan Kepala Desa Mumpa untuk mengevakuasi buaya tersebut.

“Namun ada kendala karena ketika hendak ditangkap selalu lari ke muara sungai. Kedua kami dapat informasi buaya ini peliharaan orang,” ungkap Kepala DPKP Inhil, Eddiwan Shasby.

BACA JUGA  Diduga Hina Alquran dengan Ucapan tak Pantas, Pria di Riau Ini Diamankan Polisi

Meskipun belum berhasil mengevakuasi buaya tersebut, menurut Eddiwan, pihaknya selalu memonitoring keberadaan sebenarnya buaya dan selalu siap mengevakuasi jika ada laporan mengenai keberadaan buaya.

“Kita selalu berkoordinasi dengan pak RT setempat. Jika memang kondisi ini darurat dan masyarakat membutuhkan, kami selalu siap untuk melakukan evakuasi. Saya sudah kondisikan anggota untuk selalu siaga,” tuturnya.

Warga pun dihimbau agar meningkatkan kewaspadaan saat beraktivitas di area sungai mengingat buaya merupakan hewan predator yang ganas.

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here