Riauhub.com – Seorang pegawai negeri sipil (PNS) berinisial H di Indragiri Hilir (Inhil), Riau, dipecat. Pegawai lembaga pemasyarakatan (lapas) itu diberhentikan tak hormat setelah terlibat peredaran narkoba.

Pemberhentian dengan tidak hormat H dilakukan di lapangan badminton Lapas Kelas II Tembilahan. Hal ini setelah H dijatuhkan hukuman usai terlibat kasus narkoba pada awal 2017.

“Pemberhentian tidak dengan hormat ini merupakan hukuman disiplin tingkat berat dan dijatuhkan kepada pegawai berinisial H yang terbukti secara sah terlibat kasus narkoba pada 18 Januari 2017 lalu,” tegas Kepala Lapas Tembilahan Julianto Budhi kepada wartawan, Rabu (2/6/2021).

BACA JUGA  Oknum Polisi Berpangkat Kompol di Riau Ditangkap Terkait Narkoba

Julianto yang bertindak selaku Kalapas langsung melakukan pencopotan atribut dan seragam dinas yang dikenakan H. Pemecatan disebut sebagai upaya serius dalam pemberantasan narkoba.

“Ini kita lakukan sebagai bukti konkret dari komitmen Kementerian Hukum dan HAM Direktorat Jenderal Pemasyarakatan yang menyatakan perang terhadap Narkoba. Saya harap ini menjadi pembelajaran untuk yang lain agar bekerja sesuai aturan yang berlaku,” kata Julianto.

Setelah melepas seragam dan atribut yang dipakai H, Julianto menyampaikan rasa simpati kepada H. Dia mengaku prihatin, namun aturan tetap harus ditegakkan dalam mewujudkan kedisiplinan pegawai.

BACA JUGA  Jaringan Narkoba di Pekanbaru Transaksi 258 Kg Sabu di Parkiran RS

“Kami turut sedih dan prihatin terhadap apa yang terjadi ini. Kita kehilangan satu personel, tetapi peraturan dan standar operasional prosedur merupakan hal yang di atas segalanya dan harus dipatuhi dan dihormati dalam pelaksanaan tugas,” kata Julianto.

Terakhir, ia meminta diberhentikannya H menjadi pelajaran bagi seluruh jajarannya sehingga pemecatan H menjadi yang terakhir di Lapas Tembilahan.

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here