Riauhub.com – Sebuah pesawat United States Air Force (USAF) atau Angkatan Udara Amerika Serikat mendarat di Pekanbaru, Senin ( 7/6/2021).

Pesawat Angkatan Udara Amerika Serikat jenis pesawat angkut berat C-17 Globemaster ini merapat di Pangkalan Udara atau Lanud Roesmin Nurjadin.

Terkait kedatangan pesawat dan sejumlah kru dari Angkatan Udara Amerika Serikat ini, dibenarkan oleh Kadisops Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru, Kolonel Pnb Adhi Safarul Akbar saat dikonfirmasi Tribunpekanbaru.com.

“Betul, ada kegiatan di Lanud (Roesmin Nurjadin). Nanti info dari Kapen (Kepala Penerangan) ya,” ujar Adhi dikutip dari Tribunpekanbaru, Selasa (8/6/2021).

BACA JUGA  Sempat Melarang, Gubernur Riau Kini Izinkan Mudik Lokal

Untuk sementara, para awak akan diisolasi selama lima hari.

Latihan

Terpisah, Kapen Lanud Roesmin Nurjadin, Letkol Sus Zukri menjelaskan, kedatangan Angkatan Udara Amerika Serikat ini dalam rangka melaksanakan latihan bersama dengan sandi Cope West 2021.

Latihan akan dilaksanakan pada 14 – 24 Juni. “Kebetulan ada dukungan pesawat berbadan lebar, besar ya, C-17.

Ini dukungan untuk membawa ground crew (kru darat) sama teknisi serta peralatan pendukung lainnya dari Skadron F-16 US Air Force,” jelasnya.

Disebutkan Zukri, saat ini proses persiapan latihan bersama sedang dilakukan.

BACA JUGA  Bupati Meranti Pastikan Warga Kurang Mampu Mendapat Program PKH

“10 hari (latihan). Untuk sementara yang datang ini baru ground crew, teknisi dan peralatan pendukung lainnya. Latihan ini betul-betul steril karena masih masa Covid,” paparnya.

Ia menambahkan, latihan bersama ini bertujuan untuk meningkatkan hubungan bilateral antar kedua negara.

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here