Pekanbaru – Polisi menangkap dua pelaku pemalsuan surat keterangan swab PCR di Pekanbaru, Riau. Kedua pelaku ditangkap karena nekat pakai surat swab palsu agar bisa berangkat dengan pesawat terbang ke Jakarta.

Kapolresta Pekanbaru Kombes Nandang Mu’min Wijaya mengatakan pemalsuan terungkap setelah menerima laporan dari Kantor Kesehatan Pelabuhan di bandara Sultan Syarif Kasim Pekanbaru. Di mana, ada penumpang berinisial HH membawa surat swab palsu.

“Selasa (29/6) tersangka HH (38) ini akan melakukan perjalanan ke Jakarta melalui bandara SSK II Pekanbaru. Saat divalidasi dilakukan pengecekan,” terang Kapolresta, Jumat (2/7/2021).

Dalam proses validasi itu petugas curiga dengan surat yang dibawa pelaku. Sebab, hasil swab PCR yang dibawa pelaku tidak valid hasilnya.

BACA JUGA  Dua Pengedar Sabu di Riau Berhasil Dibekuk, Polisi Temukan 15,5 Gram Sabu

Melihat kejanggalan itu, petugas KKP di bandara langsung melaporkan kejanggalan ke Polsek Bukit Raya. Selanjutnya personel Polsek Bukit Raya langsung mendatangi tempat kejadian dan mengintrogasi pelaku.

“Dalam pemeriksaab tersangka mengakui surat yang dimilikinya palsu. HH mengakui telah memerintahkan karyawanya, JO (26) membuatkan surat hasil laboratorium PCR COVID-19 dari salah satu rumah sakit yang ada di Kota Pekanbaru,” katanya.

Kepada JO, HH minta surat dibuat dengan hasil negatif COVID-19 agar tidak repot-repot melakukan cek. Sehingga pelaku HH bisa bertolak ke Jakarta hari itu.

“HH ini tidak melewati prosedur yang semestinya untuk bisa mendapatkan hasil Swab yang sesuai dengan aturan,” mata Nandang didampingi Kapolsek Bukit Raya, AKP Arry dan Kasat Reskrim Kompol Juper Lumban Toruan.

BACA JUGA  Terlibat Jaringan Narkoba, 6 Mantan Pegawai Lapas Riau Dikirim ke Nusakambangan

Untuk barang bukti diamankan berupa satu lembar hasil Swab PCR, satu buah KTP, satu lembar boarding pas City Link dan satu lembar kode booking tiket City Link. Semua dibawa ke Polsek Bukit Raya untuk penyelidikan.

Selanjutnya hasil pengembangan, Rabu (30/7) jajaran Polsek Bukit Raya dan Sat Reskrim mengamankan tersangka JO di Jalan SM Amin Pekanbaru. Lokasi pelaku diamankan merupakan kantor milik HH.

Atas kejadian itu kedua pelaku dikenakan Pasal 263 dan pasal 268 KUHP tentang pemalsuan surat atau menggunakan surat palsu atau memalsukan surat keterangan dokter.

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here