Pekanbaru – Tiga Narapidana Rumah Tahanan (Rutan) Kelas I Pekanbaru berusaha melarikan diri dari sel tahanan, namun upaya napi tersebut berhasil digagalkan oleh petugas.

Kepala Rutan Kelas I Pekanbaru M. Lukman mengatakan, penggagalan upaya percobaan pelarian narapidana tersebut terjadi pada Sabtu (10/7/2021) pukul 03.00 WIB. Ia mengatakan ketiga napi yang mencoba kabur tersebut merupakan 2 napi kasus narkoba, 1 napi kasus penggelapan.

Kejadian bermula saat anggota Regu Pengamanan (Rupam) I melakukan kontrol keliling (trolling) pada Blok C Strafsell I, didapati lampu kamar padam.

“Setelah dilakukan pengecekan lebih lanjut, penghuni kamar Strafsel I sebanyak 3 orang sudah tidak berada ditempat dan terlihat ventilasi kamar sudah dijebol,” ucap Lukman, Ahad (11/7/2021).

BACA JUGA  Tak Disangka Emak-emak di Riau Ini Nyambi Jadi Bandar Sabu

Selanjutnya anggota Rupam Blok C langsung melaporkan keadaan tersebut kepada Kepala Regu Pengamananan (Karupam). Mendapatkan laporan regu jaga tersebut, Karupam langsung memerintahkan seluruh anggota untuk siaga dan sebagian bergegas menuju beranggang dalam Rutan.

Karupam beserta anggota berhasil mengamankan 1 orang narapidana berinisial IP yang masih berada diatas tembok II beranggang dalam dan napi tersebut berhasil diamankan oleh petugas.

“Selanjutnya, atas kesigapan petugas yang lain juga berhasil menangkap dan mengamankan 1 orang narapidana berinisial FH di lokasi yang berbeda yang masih di berada di dalam Rutan,” ungkapnya.

BACA JUGA  Kawanan Rampok di Rokan Hulu Riau Gasak Uang di Mesin ATM Rp 775 Juta

Pada waktu yang bersamaan Karupam memerintahkan petugas Pos Pengawasan dan Pemeriksaan (Wasrik) depan untuk menyisir area luar Rutan dan petugas berhasil mengamankan narapidana berinisial UAH meski dengan upaya perlawanan.

“Napi yang berusaha melarikan diri tersebut melakukan perlawanan, saat petugas hendak melakukan penangkapan, sehingga terjadinya perkelahian,” lanjutnya.

Pukul 03.40 WIB keseluruhan dari 3 orang narapidana percobaan pelarian tersebut berhasil diamankan dan dibawa ke ruang Kepala Kesatuan Pengaman Rutan (KPR) Rutan Kelas I Pekanbaru.

Petugas kembali melakukan penyisiran lokasi kejadian serta mengamankan barang yang diduga dipergunakan untuk melakukan aksi percobaan pelarian yaitu tali sarung dan potongan besi teralis.

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here