Bengkalis – Presiden Joko Widodo melalui tim penilai telah memilih sapi jenis limousin seberat 889 Kilogram asal peternakan sapi Ayuk Bersaudara, Desa Kelapapati, sebagai sapi kurban untuk masyarakat Riau tahun 2021 ini.

Sapi berwarna kecoklatan muda sudah berumur enam tahun lebih itu memiliki berat nyaris 1 ton tersebut pemenang kontes sapi terbaik di Riau, April 2021 lalu.

Pelepasan sapi qurban Presiden Jokowi untuk masyarakat Riau berlangsung dilaksanakan Peternakan Sapi Ayuk Bersaudara Desa Kelapapati oleh Wakil Bupati (Wabup) Bengkalis, Bagus Santoso, Senin (12/7/2021), untuk dibawa ke Pekanbaru.

Saat melepas sapi ini, Bagus Santoso berharap dengan terpilihnya sapi limousin milik peternak Bengkalis menjadi langkah awal pengembangan ternak sapi.

BACA JUGA  Guru Honorer di Pelalawan Tewas Disambar Petir Saat Gerimis, Ini Kronologinya

“Hari ini kita lepaskan sapi jenis limousin sebagai sapi kurban Presiden Jokowi. Alhamdulillah mudah-mudahan, ini menjadi langkah untuk pengembangan ternak sapi di Pulau Bengkalis,” ungkapnya.

Menurut politisi PAN itu, Pulau Bengkalis memiliki potensi untuk peternakan.

Terbukti dengan terpilihnya sapi limousin asal Bengkalis sebagai sapi kurban Presiden akan diserahkan kepada Gubernur Riau, Syamsuar.

“Sapi asal Bengkalis yang terpilih. Ayo beternak sapi bersama karena sudah ada contoh dan buktinya. Bengkalis mempunyai potensi menjadi peternakan sapi yang handal,” ajaknya.

Sementara itu, Kepala Dinas Tanamam Pangan Holtikultura dan Perternakan (DTPHP) Bengkalis melalui Kepala Bidang (Kabid) Peternakan dan Kesehatan Hewan, Amri Noer, mengatakan terpilihnya sapi limousin milik peternak Bengkalis untuk kurban masyarakat Riau telah melalui proses dan prosedur yang panjang.

BACA JUGA  Bertambah 3 Kasus, Jumlah Pasien Positif Covid-19 di Riau Jadi 69 Orang

Sapi ini, tuturnya, telah didaftarkan untuk mengikuti proses seleksi secara ketat dengan bobot 800 Kilogram lebih pada April lalu.

“Sapi kita daftarkan ada tiga ekor, dan satu ekor dari kabupaten lain. Alhamdulillah sapi limousin Bengkalis terpilih sesuai dengan hasil seleksi oleh Balai Veteriner Bukittinggi dan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Riau,” jelasnya.

Dari hasil penimbangan bobot sapi limousin ini memiliki berat 889 kilogram.

Penimbangan dilakukan saat mengikuti seleksi sejak April 2021 lalu dan diperiksa kesehatannya oleh Balai Veteriner Bukittinggi mewakili Kementerian Pertanian.

“Sepekan lalu tim dari provinsi juga melakukan pengamatan ulang untuk memastikan kesehatan hewan tersebut,” pungkasnya.

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here