Indragiri Hilir – Video harimau Sumatera tiba-tiba muncul di dekat pekerja kebun kelapa sawit di Indragiri Hilir, Riau, viral. Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau menjelaskan soal peristiwa itu.

Dilihat detikcom, Senin (19/7/2021), dalam video viral berdurasi 34 detik itu terlihat harimau Sumatera berjalan di tepian parit batas perkebunan. Harimau sesekali melihat ke arah pekerja yang merekam video.

Kepala BBKSDA Riau, Suharyono, mengatakan peristiwa itu terjadi di dekat salah satu kawasan perkebunan milik perusahaan swasta. Dia mengatakan timnya telah mengecek peristiwa itu.

BACA JUGA  Bagian Tubuh yang Hilang Ditemukan, Kapolres Siak Nyatakan Remaja Teluk Lanus Diterkam Harimau

“Sehubungan beredarnya video harimau Sumatera dapat kami sampaikan bahwa kami telah melakukan kroscek terhadap video tersebut. Video diambil pekerja dari PT RIA,” kata Suharyoni.

Suharyono mengatakan harimau itu muncul dari di green belt di Desa Tanjung Simpang, Kecamatan Pelangiran, Indragiri Hilir. Dia menyebut peristiwa itu sebenarnya terjadi pada Juni 2021.

“Video tersebut diambil pada awal bulan Juni tahun 2021. video itu bukan pada landscape Senepis di Dumai, tapi landscape Kerumutan di wilayah Indragiri Hilir,” ujar Suharyono.

BACA JUGA  Petani di Riau Selamat dari Gigitan Beruang usai Pura-pura Pingsan

Suharyono menyebut harimau itu berjenis kelamin betina dan telah dewasa. Dia mengatakan timnya masih mengecek video yang beredar dengan temuan di lapangan.

“Diperkirakan harimau sudah dewasa, jika melihat dari postur tubuhnya sepertinya berjenis kelamin betina. Untuk identifikasi, kita akan bandingkan dengan dokumentasi yang didapatkan di kawasan tersebut,” kata Suharyono.

Harimau sendiri diduga berasal dari dalam kawasan Kerumutan. Sebab, lokasinya tak jauh dari area perkebunan seperti terlihat dalam video.

“Di lokasi juga terdapat kawasan lansdcape Kerumutan. Itu merupakan habitat harimau Sumatera,” katanya.

Leave A Reply

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini