Pekanbaru – Dimana tes PCR di Riau? jangan sampai tertipu, cuma 16 Labor dan RS di Riau yang diberi Izin Kemenkes keluarkan hasil PCR, simak daftarnya.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir mengingatkan kepada warga yang akan melakukan perjalanan maupun yang akan melakukan tes PCR secara mandiri agar lebih berhati-hati.

Sebab tidak semua fasilitas layanan kesehatan dan laboratorium bisa mengeluarkan hasil PCR.

“Bagi masyarakat yang mau melakukan tes PCR pastikan melakukan pemeriksaan nya di labor dan rumah sakit yang sudah diberikan izin oleh kementerian kesehatan dan sudah memiliki aplikasi NAR untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak kita inginkan,” kata Mimi, Rabu (25/8/2021).

Mimi mengungkapkan, di Riau sudah ada sejumlah rumah sakit dan labor yang sudah ditunjuk oleh Kementerian Kesehatan untuk melaksanakan pemeriksaan PCR.

Rumah sakit dan labor yang sudah mendapatkan izin dari Kemenkes ini juga sudah dilengkapi dengan aplikasi New All Recor (NAR).

BACA JUGA  Tambah 303 Positif, Riau Peringkat Keempat Nasional Penambahan Kasus Covid-19

Dengan aplikasi ini seluruh data pasien yang melakukan pemeriksaan tersimpan dengan aman di big data Kemenkes.

“Begitu dilakukan pemeriksaan langsung dienteri di lab dan langsung diketahui hasilnya positif atau negatif. Kalau positif langsung dilakukan penanganan sesuai dengan kondisi dan gejala yang dialami pasien, tapi kalau negatif, yang bersangkutan ini akan mendapatkan surat untuk digunakan sebagai syarat perjalanan dan hasilnya itu harus dikeluarkan 1×24 jam. Karena untuk penerbangan kan yang diminta itu 1×24 jam,” katanya.

Tidak hanya itu, untuk menghindari terjadinya penipuan hasil PCR, seluruh data pemeriksaan yang dilakukan oleh pasien langsung masuk ke aplikasi peduli lindungi.

Sehingga masyarakat bisa mengakses hasil PCRnya di aplikasi tersebut.

“Jadi tidak pakai hardcopi lagi, tapi sudah dilihat di aplikasi peduli lindungi, ini untuk antisipasi terjadinya penipuan hasil PCR yang dikeluarkan oleh lab atau rumah yang tidak resmi,” ujarnya.

BACA JUGA  Pekanbaru Menjadi Daerah Tertinggi Kasus Positif Covid-19 di Riau

Berdasarkan penelusuran Tribun di situs resmi Litbang Kemenkes RI di litbang.kemkes.go.id dan menemukan daftar laboratorium yang diakui berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan nomor 4642/2021 tentang Penyelenggaraan Laboratorium Pemeriksaan Covid-19.

Dalam daftar tersebut, untuk Provinsi Riau yang telah mendapat izin adalah:

1. RSUD Arifin Achmad Pekanbaru
2. RS Awal Bros Pekanbaru
3. RS Awal Bros Panam Pekanbaru
4. RS Eka Hospital Pekanbaru
5. RS Puri Husada Tembilahan
6. RS Syafira Pekanbaru
7. RSUD Dumai
8. RS Bhayangkara Pekanbaru
9. RSD Madani Pekanbaru
10. Aulia Hospital Pekanbaru
11. RS Pertamina Dumai
12. RSUD Perawang
13. Laboratorium Biomedik Lontar FK UNRI
14. RSI Ibnu Sina Pekanbaru
15. Laboratorium Klinik Pramita Pekanbaru
16. RS Santa Maria Pekanbaru.

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here