Dumai – Masih Segar diingatan peristiwa kebakaran pada Kamis (1/7/2021) silam yang menghanguskan kurang lebih 8 Rumah, termasuk mesjid, peristiwa serupa kembali melanda Kampung Wisata Pesisir RT 01 Kelurahan Laksmana Kecamatan Dumai Kota, pada Kamis petang (16/9/2021) sekitar pukul 17.45 WIB.

Kebakaran kali ini menghanguskan sedikitnya 8 unit rumah permanen dan semi permanen, yang ditinggal warga sekitar, satu diantaranya rumah kosong.

‎Kambali saksi mata menyebutkan api pertama kali terlihat berkobar di rumah kosong milik almarhumah Siti sekitar pukul 17.45 Wib.

umah terbuat dari papan tersebut sudah lama kosong sejak pemiliknya meninggal.

“Api pertama kali terlihat di rumah kosong milik almarhumah Siti, dan pada Sore (Kamis) angin memang agak kencang sehingga api cepat membubung dan membakar bangunan di sekitar,” katanya, Jumat (17/9/2021).

Ia mengatakan api kemudian menyambar rumah yang ditempati Zubaidah dan rumah yang ditempatinya. Berikutnya rumah milik Atan Izhar dan 3 petak rumah milik almarhum Abubakar.

BACA JUGA  2 Bocah Kakak Beradik Hanyut dan Hilang saat Mandi di Objek Wisata Pulau Cinta di Kampar Riau

“Kejadiannya begitu cepat bang, ditambah kejadian tersebut berlangsung menjelang magrib dengan angin yang saat itu lagi kencang,” sebutnya.

Kambali mengaku, selang beberapa menit regu pemadam kebakaran datang, dan setelah berjibaku beberapa jam, akhirnya api berhasil dijinakan sekitar 20:30 Wib, dan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

“Pagi ini Jumat, warga sekitar sedang membantu membersihkan rumah warga yang telah terbakar, dan mengumpulkan sisa sisa barang yang masih bisa digunakan,” imbuhnya.

Kambali mengaku, saat ini para korban sangat membutuhkan uluran tangan para dermawan, seperti sembako dan pakaian pakaian.

“Saat ini para korban tinggal sementara di rumah keluarga yang terdekat, sembari menunggu bantuan,” sebutnya.

Sementara, Plt Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan bencana daerah (BPBD) Dumai, Amrizal Anara ‎mengungkapkan bahwa kebakaran yang menghanguskan Sekitar 8 unit rumah di tersebut terjadi sekitar 17.45 Wib pada Kamis.

“Jadi kami menerima laporan berdasarkan telepon berdiring itu sekitar 17.58 Wib, setelah menerima telepon, sebanyak 8 unit armada langsung diturunkan,” sebutnya.

BACA JUGA  Lebih dari Sepekan, Bocah Hilang Misterius di Riau Belum Juga Ditemukan

Ia menambahkan, setelah berjibaku beberapa jam, sekitar pukul 20.30 Wib api baru bisa dipadamkan, dan berdasarkan hasil laporan petugas dilapangan ada 8 unit rumah yang hangus terbakar.

Amrizal mengaku, saat melakukan pemadaman ada beberapa kendala yang dijumpai dilapangan, yakni titik kebakaran berada di pemukiman padat penduduk ‎dan berpagar tinggi sehingga menyulitkan saat pemblokiran nyala api.

“Kami juga menjumpai banyak nya kendaraan yang parkir dipinggir jalan sehingga menggangu akses jalan petugas damkar, selanjutnya angin kencang menyebabkan asap yang berputar putar menghalangi pandangan petugas Damkar,” jelasnya.

Dirinya menjelaskan, dari peristiwa kebakaran tersebut, tidak ada korban jiwa, untuk kerugian materil belum di taksir, untuk penyebab juga belum diketahui, dan masih diselidiki oleh pihak berwenang.

“Untuk penyebab masih belum kita ketahui, jadi masih dilakukan penyelidikan oleh pihak berwenang,” pungkasnya.

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here