Pekanbaru – Rangkaian Lomba Baca Kitab Kuning (LBKK) dan Lomba Hafalan Al-Qur’an (LHQ) Surat Yasin Tingkat Provinsi Riau yang digelar oleh Fraksi PKS DPRD Provinsi Riau telah selesai dilaksanakan pada Sabtu (04/12/2021) di Ruang Medium Gedung DPRD Riau.

Acara yang helat dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional Tahun 2021 itu mendapat apresiasi dari Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau.

Hal tersebut dikatakan langsung oleh Kasi Pondok Pesantren dan Ma’ad Aly Dr. Muhammad Fakhri, M.A, saat menyampaikan kata sambutan pada acara tersebut.

Dirinyapun berharap agar acara LBKK dan LHQ dapat terus dilaksanakan pada masa-masa yang akan datang.

“Kami memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada PKS, yang telah menginisiasi lomba LBKK dan LHQ ini. Karena ini bisa memotivasi anak-anak kita yang belajar di pondok pesantren agar lebih semangat mendalami ilmu keislaman,” pungkasnya.

“Begitu luar biasa perhatian Kanwil terhadap acara yang digelar Fraksi PKS ini, saya terus-menerus diingatkan oleh Ketua Kanwil agar hadir tepat waktu. Ketua Kanwil kita sedang ada tugas diluar daerah, jadi tidak bisa hadir, beliau titip salam,” imbuhya.

Hal senada juga disampaikan Pimpinan Pondok Pesantren Al-Munawwarah Abuya H. TM. Busra, BA, beliau menyatakan bangga dengan kegiatan Fraksi PKS DPRD Riau itu. Menurutnya, PKS adalah partai yang memiliki kepedulian terhadap pesantren.

“Acara ini adalah kabar gembira bagi para santri kami. Pesan saya kepada peserta, terus semangat, jangan sia-siakan kesempatan ini. Kalah menang hal biasa, yang penting maksimalkan kemampuan, ilmunya juga nanti untuk diri sendiri,” tutur Abuya.

BACA JUGA  Dikelilingi Daerah Yang Tinggi Kasus Covid-19, Gubri Himbau Masyarakat Riau Waspada

Sementara itu, Ketua Fraksi PKS DPRD Riau Markarius Anwar, ST, MT dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk pelayanan PKS terhadap ummat, khusunya pondok pesantren.

“Alhamdulillah antusias masyarakat mengikuti kegiatan ini sangat luar biasa, total jumlah peserta yang mengikuti seleksi di tingkat kabupaten/kota sebanyak 575 orang. Terdiri dari 258 orang lomba LBKK dan 317 orang lomba LHQ,” ungkap Aleg Dapil Siak – Pelalawan itu.

“Mohon do’anya agar PKS konsisten dan terdepan dalam melayani rakyat. Kami juga mohon tunjuk ajar, kritik dan saran dari para guru-guru kami, agar PKS tetap dalam garis cita-cita kemuliaan islam,” tukasnya.

Pemenang Lomba

Juara 1 lomba LBKK pada acara tersebut diraih oleh Fitria Raudhatul Jannah dari Pondok Pesantren Al-Munawwarah Pekanbaru, juara 2 LBKK diraih Alan Nabil Makarium dari Pondok Pesantren Darul Ulum Kampar dan juara 3 diraih A. Khatibul Umam Muwaffik dari Pondok Pesantren Al-Hujjah Pekanbaru.

Sementara itu, juara 1 lomba Hafalan Surat Yasin berhasil diraih oleh Abdurrahman Sulaimana Saputra dari Kabupaten Kepulauan Meranti, juara 2 lomba diraih H. Yusdarli dari Kota Pekanbaru, dan juara 3 diraih oleh Salbiah dari Kabupaten Rokan Hulu.

Juara satu lomba LBKK akan diutus untuk mengikuti lomba ditingkat nasional, yang diadakan Fraksi PKS DPR RI pada Rabu 8 Desember 2021 mendatang. Sementara untuk lomba Hafalan Surat Yasin hanya sampai tingkat Provinsi Riau.

BACA JUGA  Aleg PKS Riau Arnita Sari Perjuangkan Guru Honor Diterima Jadi ASN PPPK 2022

Para pemenang LBKK itu berhasil mengungguli peserta lainnya dalam Kitab Fathul Mu’in karya Syaikh Zainuddin Abdul Aziz Al-Malbary dan Hafalan Surat Yasin. Peserta merupakan utusan juara I dari kabupaten/kota se-Riau, yang sebelumnya telah dilakukan seleksi.

Pemenang lomba LBKK Fitria Raudhatul Jannah menyampaikan terimakasih kepada Fraksi PKS DPRD Provinsi Riau yang telah mengadakan acara lomba LBKK.

“Terimakasih kepada Fraksi PKS, Semoga ini semakin memotivasi saya untuk lebih giat lagi belajar,” ujarnya.

Juri pada lomba ini adalah Ustazd Dr. H. Jon Pamil, Lc, MA, Ustazd Dr. Roza Febrian, Lc, MA, dan Ustaz Dr. Zul Ikrami, Lc, MA. Ketiga juri ini diketahui memiliki keilmuan kitab kuning yang mumpuni.

Sementara juru LHQ Hafalan Surat Yasin yaitu Dr, Muhammad Ichsan, Lc, MA, Hj. Hustiah Husni Said, Lc, M.Ag, dan KH. Irwan Said, Lc.

Acara yang dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan itu juga dihadiri oleh Pimpinan Pondok Pesantren Aufia Boarding School KH. Misran Agusmar, Lc, Pimpinan Pondok Pesantren Baitul Qur’an Buya Royansyah Fitra S.Pdi AL Hafidz dan KH. Irwan Said, Lc, serta Anggota Fraksi PKS DPRD Provinsi Riau lainnya.

Leave A Reply

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini