Indragiri Hilir – Nekat tilep dana APBDes, kades di Kabupaten Inhil, Riau ini resmi jadi tersangka kasus korupsi.

Sat Reskrim Polres Indragiri Hilir (Inhil) telah menetapkan seorang kepala desa (kades) berinisial N sebagai tersangka dugaan tindak pidana korupsi.

Kades Pelanduk aktif ini diduga telah menyalahgunakan pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDesa) Pelanduk, Kecamatan Mandah, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil).

Penetapan tersangka terhadap N ini setelah penyidikan yang dilakukan oleh Unit Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) di Ruang Unit II Sat Reskrim Polres Inhil, Senin (6/12/2021) kemarin.

BACA JUGA  Ditahan Kasus Korupsi, Eks Bupati Inhil Ajukan Praperadilan

Kapolres Inhil AKBP Dian Setyawan melalui Kasat Reskrim Amru Abdullah menjelaskan, dugaan tindak pidana korupsi ini dilakukan N pada tahun anggaran 2020 dengan nilai anggaran sebesar Rp 1.855.173.150.

“Penetapan terhadap N dilakukan sekira pukul 10.00 WIB. Setelah ditetapkan sebagai tersangka, dilakukan penangkapan dan penahanan,” ungkap AKP Amru melalui keterangan tertulis yang diterima Tribunpekanbaru.com, Selasa (7/12/21).

Menurutnya, penetapan ini sehubungan dengan undang undang sebagaimana yang telah diatur dalam Pasal 2 ayat (1) jo Pasal 3 Undang-undang RI Nomor 31 Tahun 1999 yang telah diubah dengan Undang-undang RI Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

BACA JUGA  Pengadilan Dugaan Korupsi Anggaran Siap Digelar, Nasib Sekda Riau di Ujung Tanduk

“Saat ini tersangka telah dimasukan ke Rutan Polres Inhil untuk menunggu proses selanjutnya,” pungkas AKP Amru.

Leave A Reply

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini