Rokan Hulu – Ribuan rumah di Rokan Hulu, Riau, terendam banjir akibat diguyur hujan deras. Banjir merendam rumah warga setelah sungai di daerah itu meluap.

“Telah terjadi banjir di beberapa titik yang terdapat di wilayah Rokan Hulu. Ini akibat tingginya curah hujan dan meluapnya air sungai di beberapa kecamatan di Rokan Hulu,” terang Kapolres Rokan Hulu AKBP Wimpiyanto, Sabtu (25/12/2021).

Wimpi mengatakan banjir merendam tiga Kecamatan, yakni Rambah, Ujung Batu, dan Rambah Samo. Khusus di Rambah, ada 600 keluarga terendam banjir setinggi lebih dari 1 meter.

“Total tadi pagi ada ribuan keluarga yang terdampak. Tetapi siang ini ada air sudah mulai surut. Ketinggian air bervariasi, antara 80-100 cm lebih,” kata Wimpi.

Khusus di Babusalam, terpantau air mulai naik ke permukiman dan jalan protokol pukul 02.00 WIB tadi. Bahkan jalan protokol terendam air dan tidak dapat dilalui kendaraan roda 2 dan roda 4.

Bersama pemkab setempat, Polres Rohul telah mendirikan tenda darurat dan dapur umum. Tenda dan dapur didirikan sebagai upaya bantuan kepada warga sekitar yang terdampak banjir.

“Hari ini langsung kita dirikan tenda darurat dan dapur umum. Semua untuk membantu pengungsi yang rumahnya terdampak oleh banjir,” kata Wimpi.

Kepala BPBD Riau Edy Afrizal mengatakan Negeri Seribu Suluk terendam banjir sejak dini hari tadi. Banjir merendam akibat air sungai di sekitar naik.

“Saat ini tim gabungan masih melakukan evakuasi dan kaji lokasi. Desa yang terdampak parah saat ini Pawan, Desa Rambah Tengah Barat. Jumlah yang terdampak masih tahap kordinasi dengan pihak desa,” kata Edy.

BACA JUGA  3 Kakak Beradik di Riau Hanyut di Sungai Saat Ikut Ayah Mancing, 2 Tewas

Edy mengatakan banjir Pawan di Rambah Tengah Barat akibat meluapnya Sungai Pawan. Ketinggian air mencapai 100-200 cm di permukiman warga.

“Saat ini tim gabungan melakukan evakuasi warga ke tempat yang aman. Banjir di Kelurahan Pasir Pangaraian dan Koto Tinggi akibat meluapnya Sungai Kaiti. Ketinggian air 60-90 cm di permukiman warga dan sebagian warga mengungsi ke rumah kerabat,” katanya.

Khusus di Desa Babussalam, saat ini masih tahap kordinasi. Sebab, kondisi air masih terus bertambah naik.

Berikut adalah daerah terdampak banjir di Rokan Hulu:

1. Desa Rambah Tengah: 280 keluarga
2. Desa Tanjung Pauh Pelit: 26 keluarga
3. Desa Pasir Pangaraian: 70 keluarga
4. Desa Babussalam: 600 keluarga
5. Desa Pematang Berang: 40 keluarga
6. Desa Ujung Batu: 6 keluarga
7. Desa Lubuk Nepal: 90 keluarga
8. Desa Teluk Aur: 45 keluarga

BACA JUGA  Banjir Kepung Limapuluh Kota Sumbar, Jembatan Putus dan Ternak Hanyut

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here