Pekanbaru – Siswi kelas 2 MTsN Andalan Pekanbaru, Aisyah Nur Ramadhani, berhasil meraih juara 1 dalam ajang Musabaqoh Tilawatil Quran Internasional (MTQ) Tijan Annur Qatar 2022.

Aisyah lahir di Pekanbaru, saat ini berusia 13 tahun. Anak pasangan Susandri dan Milasari. Ia berhasil mengharumkan nama Indonesia, setelah bersaing dengan 51 peserta dari berbagai Negara di ajang  MTQ Internasional tersebut.

Milasari mengatakan, pada ajang itu Aisyah sebelumnya dijadwalkan untuk hadir langsung di Qatar. Namun, karena kasus COVID-19 meningkat maka lomba digelar dengan cara daring dan tayang di TV Qatar.

“Ajang lomba internasional itu memang baru pertama diikuti Aisyah. Dia satu dari 10 perwakilan anak dari Indonesia yang ikut dalam (MTQ) Tijan Annur Qatar,” ujar Milasari, saat diwawancarai Sabtu (26/2/2022) di Pekanbaru. 

Pada 2019, kata Milasari, Aisyah juga meraih juara 3 dalam Musabaqah Syarhil Qur’an (MSQ) tingkat Nasional, diselenggarakan oleh Institut Ilmu Al-quran ( IIQ ) di Jakarta. Kemudian, Mengikuti MTQ Nasional di Provinsi Sumatra Barat 2020 dan mengikuti STQH Nasional di Provinsi Maluku Utara pada tahun 2021. 

BACA JUGA  Tambah 3 Positif Baru, Total 246 Kasus Covid-19 di Riau

“Aisyah lolos ke babak semifinal MTQ Tijan An- Nour di Qatar pada Desember 2021. Saat itu, kompetisi diikuti peserta dari Pakistan, Mesir, Libya, Malaysia, Singapura, dan beberapa negara lainnya. Di babak final, secara bertahap, Aisyah lolos ke  tahap 15 besar, 9 besar, hingga masuk grand final dengan jumlah peserta 5 orang,” ujar Milasari. 

Final MTQ Internasional Tijan Annour Qatar digelar pada Kamis, (24/2/2022), jam 13.00-15.00 WIB. Tepat pukul 19.25 WIB, Dewan Juri MTQ Qatar menetapkan Aisyah Nur Ramadhani sebagai juara 1 dalam ajang tersebut.

Aisyah bersaing dengan Ahmad Azfar Azra dari Malaysia, Wafa Maulida Ulfa dari Jawa Barat Indonesia. Lalu, Zulfa Ayatul Husna dari Lampung Indonesia, dan  Muhammad Abu Bakar dari Pakistan.

BACA JUGA  Lantik Anaknya Jadi Wabup Bintan, Gubernur Kepri Minta Tak Jemawa

Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar mengucapkan tahniah untuk Aisyah. Orang nomor satu di Riau ini merasa bangga, lantaran Aisyah telah mengharumkan nama Indonesia dan Riau khususnya di tingkat Nasional. 

“Alhamdulillah, tahniah dan selamat buat Ananda Aisyah Nur Ramadhani. Ia merupakan putri Riau yang memiliki segudang prestasi di tingkat lokal, regional dan Nasional, bahkan kini telah meraih prestasi di tingkat Internasional,” kata Gubri Syamsuar. 

Menurut Gubri, prestasi ini suatu kebanggaan bagi Riau. Ia berharap, semoga ananda Aisyah bisa terus berprestasi di bidang keagamaan dan menjadi penyemangat bagi masyarakat Riau dalam mencintai Alquran.

“Sebagaimana ikhtiar kami untuk memajukan SDM di bidang pendidikan keagamaan, sebagai bagian yang tak terpisahkan dari pembangunan SDM yang unggul di provinsi ini,” tandas Gubri Syamsuar.

Leave A Reply

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini