Pekanbaru – Pemerintah Kota Pekanbaru mengusulkan nama Sultan Muhammad Ali Abduljalil Muazzamsyah atau Marhum Pekan menjadi pahlawan nasional. Usulan itu setelah Marhum Pekan dinilai punya jasa besar untuk Kota Pekanbaru.

Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Riau Yoserizal Zein membenarkan usulan itu. Usulan kini sedang digodok untuk dapat diusulkan ke pemerintah pusat.

“Akhir pekan lalu kami terima usulan dari Pemkot Pekanbaru soal calon pahlawan nasional. Nama Marhum Pekan ini dinilai sangat berjasa atas berdirinya Pekanbaru,” kata Yoserizal, Senin (21/3/2022).

BACA JUGA  Positif Covid-19 Bertambah 42 Kasus di Riau, Pasien Sembuh Bertambah 52 Orang

Yoserizal mengatakan surat dari Pemkot Pekanbaru itu dikirim ke Sekretariat Daerah. Pemkot meminta dukungan dan surat keterangan terkait nama jembatan Siak III yang yang telah ditetapkan dengan nama Sultan Muhammad Ali Abduljalil Muazzamsyah.

“Surat dari Pemkot yang dikirimkan pada Sekda itu telah kami terima. Saat ini kita sedang mempersiapkan syarat-syarat di pengajuan tersebut,” kata Yoserizal.

Yoserizal menyebut ada banyak kriteria dalam pengusulan nama calon pahlawan nasional dari Bumi Melayu. Salah satunya nama tokoh tersebut harus diabadikan dalam nama jalan, gedung, dan fasilitas umum lainnya.

Wakil Wali Kota Pekanbaru, Ayat Cahyadi, membenarkan telah mengusulkan nama Marhum Pekan sebagai calon pahlawan nasional. Ayat menyebut jasa Marhum Pekan cukup besar terkait berdirinya Kota Pekanbaru.

“Iya, pengusulan nama calon pahlawan sudah berlangsung terus. Jadi ini usulkan Marhum Pekan sebagai pahlawan nasional sudah dikaji sejak Agustus 2021. Bahkan SK itu sudah dikeluarkan Wali Kota,” kata Ayat Cahyadi.

BACA JUGA  Selain Dipungut Retribusi, Pemko Pekanbaru Juga akan Tetapkan Izin Operasional PKL

Leave A Reply

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini