Pekanbaru – Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar meninjau kesiapan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ruas Pekanbaru-Padang seksi Pekanbaru-Bangkinang sebelum difungsionalkan pada mudik Lebaran tahun 2022. 

Ditargetkan penyelesaian 100 persen jalan bebas hambatan itu pada 20 April 2022 mendatang. Saat ini progresnya sudah 95 persen atau tinggal finishing. 

Kemudiannya diperkirakan H-5 Lebaran akan dibuka atau uji coba untuk mudik Lebaran. 

Saat tinjauan, Gubri berkesempatan menjajal jalan tol Pekanbaru-Bangkinang sebelum difungsionalkan pada mudik Lebaran nanti. Di mana untuk masuk jalan tol dimulai di STA 09, tepatnya di Sungai Pinang depan SPN Polda Riau. 

Hanya butuh waktu 20 menit Gubri dan rombongan sampai di Bangkinang.

“Hari ini kita bersama pihak HK (Hutama Karya) meninjau jalan tol ruas Pekanbaru-Bangkinang. Yang sekarang progresnya sudah hampir selesai, dan sekarang tinggal finishing saja,” kata Gubri. 

BACA JUGA  Bayi 1 Hari di Pekanbaru Terpapar Covid-19

Berdasarkan laporan dari HK, lanjut Gubri, nanti pada 20 April pihak Kementerian PUPR akan meninjau jalan tol Pekanbaru-Bangkinang. 

“Karena itu, kita harapkan sebelum Lebaran jalan tol Pekanbaru-Bangkinang sudah bisa dibuka. Sehingga orang mudik bisa memanfaatkan jalan tol ini,” harap Gubri. 

Lebih lanjut Gubri mengatakan, saat dibuka pada Lebaran nanti jalan tol Pekanbaru-Bangkinang akan dibuka satu jalur, yakni jalur mudik dari Pekanbaru menuju Bangkinang.

“Dari kesiapan yang kita lihat tadi, nampaknya nanti dibuka satu jalur untuk mudik Lebaran (Pekanbaru menuju Bangkinang), dan nanti dibuka satu jalur lagi untuk arus balik (Bangkinang menuju Pekanbaru),” terangnya. 

Setelah menjajal jalan tol Pekanbaru-Bangkinang, Gubri mengaku sangat kagum dengan pembangunan jalan tol Pekanbaru-Bangkinang. 

“Setelah kita coba tadi, seperti tidak terasa, jalannya bagus. Tadi saya dapat laporan dari HK, jalan tol Pekanbaru-Bangkinang ini sudah dinilai oleh Kementerian PUPR. Jadi jalan tol ini terbaik kedua nasional dari sekian banyak jalan tol di Indonesia, berarti kualitasnya luar biasa. Makanya tadi seperti tidak terasa, seperti jalan diatas kaca,” ungkapnya. 

BACA JUGA  Meledak, Terkonfirmasi Positif Covid-19 Hari Ini di Riau 46 Kasus

Sementara itu, Project Director Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang Bambang Hendarto mengatakan, jalan tol Pekanbaru-Bangkinang akan dibuka gratis pada saat mudik Labaran. 

“Jalan tol Pekanbaru-Bangkinang dibuka gratis untuk mudik Lebaran. Karena masih uji coba. Jalan tol akan dibuka H-5 Lebaran. Teknisnya untuk jalur mudik dibuka dari Pekanbaru arah Padang, sedangkan sebaliknya lewat jalan nasional. Kemudian pada H+5 ditukar arusnya,” terangnya. 

Bambang mengatakan, pembangunan jalan tol Pekanbaru-Bangkinang ditargetkan pada 20 April sudah selesai 100 persen.

“Untuk progres jalan tol sampai hari ini sudah 95 persen. Artinya tinggal finishing saja,” pungkasnya.

Leave A Reply

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini