Pekanbaru – Ada yang unik dari acara pengajian yang digelar di Pekanbaru, Riau. Ratusan warga yang terdiri dari berbagai kelompok umur mengikuti acara mengaji bersama di sepanjang trotoar Jalan Diponegoro tepatnya di depan rumah dinas Gubernur Riau.

Pengajian itu bertajuk ‘Riau Mengaji’. Acara tersebut terinspirasi dari acara pengajian di Jogja beberapa waktu yang lalu.

“Insiprasi ini datang dari kegiatan Jogja Mengaji beberapa waktu lalu. Kita lihat positif dan kita buat Riau Mengaji,” ujar Ketua Riau Mengaji dr Diana Tabrani seperti dikutip dari detikSumut, Minggu (17/4/2022).

BACA JUGA  Gunakan Bentor, Abi Bahrun-Herman (AMAN) Mendaftar di KPU Bengkalis

Menurut Diana acara itu bertujuan agar agama Islam dapat menyentuh berbagai kelompok umur masyarakat. Selain itu, alasan ‘Riau Mengaji’ digelar di sisi jalan dikarenakan ingin membudayakan acara pengajian yang tidak melulu di masjid atau rumah.

“Kita tahu Melayu ini identik dengan Islam, kita ingin membumikan Al-Quran di tanah Melayu. Harapannya ini dapat diamalkan oleh semua usia. Kita musti membudayakan. Baca Al-Qur’an tidak hanya di rumah, masjid saja, di jalan bisa, di bus, di halte dan kantor. Karena ini belum jadi budaya ya biasa jadi pro kontra,” papar Diana.

BACA JUGA  Curah Hujan Tinggi, Banjir di Kampar Setinggi 1 Meter

Lebih lanjut, Diana mengatakan acara ‘Riau Mengaji’ nantinya juga akan terus dilaksanakan di sejumlah lokasi di Riau.

Leave A Reply

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini