Pekanbaru – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno mengumumkan 100 besar desa wisata Anugrah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022. Setelah bersaing ketat dengan 3.419 desa wisata di Indonesia, sebanyak 3 desa wisata di Provinsi Riau telah lolos dalam proses kurasi atau penilaian 100 besar desa wisata terbaik nasional. 

Kurasi ADWI 2022 melibatkan kurator yang dibentuk oleh Kemenparekraf. Penilaian ini berdasarkan 7 kategori penilaian klasifikasi desa wisata dan kelengkapan data melalui website Jadesta.

Menparekraf Sandiaga Uno menjelaskan, ADWI 2022 merupakan salah satu program unggulan dari kemenparekraf. Kegiatan ini bertujuan untuk mewujudkan desa wisata yang berkelas dunia berdaya, saing global, dan berkelanjutan untuk Indonesia Bangkit. 

“Selamat saya ucapkan kepada 100 besar desa wisata Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022. Jadikan pencapaian ini sebagai motivasi untuk terus tetap mengembangkan desa wisata yang berkualitas dan berkelanjutan untuk Indonesia bangkit,” kata Sandiaga Uno dalam keterangan resmi di kanal YouTube Jadesta, Sabtu (23/4/2022) malam. 

BACA JUGA  Pasca Melonjaknya Covid-19, Istana Siak kembali Ditutup

Menparekraf berharap, kepada seluruh desa wisata yang belum lolos 100 besar desa wisata 2022 tetap terus semangat meningkatkan inovasi, adaptasi, dan kolaborasi melalui pengisian data desa wisata di website Jadesta. 

Menurutnya, pengisian data desa wisata di laman Jadesta sebagai wadah dan arah kemenparekraf dalam penyusunan rencana pengembangan desa-desa wisata di seluruh Indonesia.

“Ayo kita terus gali potensi desa wisata Indonesia sebagai simbol kebangkitan ekonomi nasional, demi kesejahteraan rakyat untuk Indonesia bangkit,” ujar Menparekraf. 

Terpisah, Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) provinsi Riau, Roni Rakhmat mengatakan, ADWI menjadi momentum semangat masyarakat untuk terus berprestasi, opsi mempromosikan potensi, serta menumbuhkan harmonisasi pemerintah daerah, pemerintah desa, masyarakat desa, dan penggiat pariwisata. 

BACA JUGA  Kunjungi Desa Wisata di Riau, Sandiaga Targetkan Ikan Patin Gantikan Salmon

“Alhamdulillah Menparekraf telah mengumumkan 100 desa wisata ADWI 2022. Saya ucapkan selamat untuk 3 desa wisata di Riau yang lolos mewakili ajang ini. Selanjutnya, akan dikurasi menjadi 50 besar desa wisata terbaik nasional. Insya Allah Riau siap. Semangat terus para insan desa wisata,” kata Roni Rakhmat. 

Inilah 3 Desa Wisata di Riau yang lolos 100 Besar Anugerah Desa Wisata 2022 :

1. Desa Wisata Bukit Batu, Kabupaten Bengkalis. 

2. Desa Wisata Bangko Mukti, Kabupaten Rokan Hilir. 

3. Desa Wisata Dayun, Kabupaten Siak. 

Leave A Reply

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini