Pekanbaru – Tol Pekanbaru-Bangkinang yang baru dibuka beberapa hari lalu untuk memperlancar arus mudik, sempat ditutup sementara pada Selasa (3/5/2022) siang. Musababnya, akses kendaraan menuju pintu tol dari Sungai Pinang mengalami kemacetan cukup parah.
Wakil Direktur Lalulintas Polda Riau, AKBP Donni Eka mengatakan akses menuju Tol Pekanbaru-Bangkinang ditutup pukul 12.00 WIB, siang tadi. Akses ditutup untuk mengurai macet menunju jalan bebas hambatan tersebut.

“Sebenarnya bukan ditutup. Hanya untuk mengurai kemacetan saja dibagi dua lewat jalan lintas. Ada sekitar 20 sampai 30 menit lah,” kata Donni.

BACA JUGA  3 Mantan Anggota DPRD Pelalawan Kuasai Mobil Dinas, KPK: Lapor ke Polisi

Setelah terurai, akses menuju tol kembali dibuka. Saat ini kondisinya sudah mulai terurai dan kembali dibuka untuk umum.

Kepadatan kendaraan ini terjadi di pintu tol Bangkinang-Petapahan. Setelah keluar tol, terjadi penumpukan kendaraan hingga akhirnya membuat petugas memutuskan menutup sementara akses menuju tol.

“Hanya sementara saja. Setelah berkurang kepadatan langsung dibuka dan sekarang sudah lancar di lapangan,” kata Donni.

Terpisah Kanit Tol Pekanbaru-Bangkinang, Iptu Sugiarto mengatakan kepadatan Tol Pekanbaru-Bangkinang terjadi di pintu tol Pekanbaru-Petapahan. Untuk mengurangi kepadatan maka kendaraan masuk disetop sementara.

BACA JUGA  Tol Pekanbaru-Bangkinang Beroperasi Mulai Besok, Gratis!

“Karena terjadi kepadatan di exit menuju Bangkinang-Petapahan maka tadi tutup sementara saja. Ini terjadi karena tidak seimbang antara kendaraan masuk dan keluar, jadi keluar sedikit masuk banyak,” kata Sugiarto.

Sejak pertama kali dibuka untuk umum, tol Pekanbaru-Bangkinang masih memberlakukan sistem satu arah, yakni dari arah Pekanbaru menuju Bangkinang. Mulai besok, sistem dua arah mulai diberlakukan dari arah sebaliknya.

“Mulai besok kita baru arus balik dari arah Bangkinang-Pekanbaru. Hari ini masih dari Pekanbaru-Bangkinang, makanya yang padat itu di exit Bangkinang-Petapahan,” kata Sugi.

Leave A Reply

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini