Rokan Hilir – Sebanyak 16 orang sindikat pencurian kabel powerline atau tembaga milik PT Pertamina Hulu Rokan di Rokan Hilir, Riau ditangkap. 16 pelaku ditangkap setelah merugikan perusahaan Rp 534 juta.

Kapolres Rohil AKBP Nurhadi Ismanto mengatakan 16 pelaku diamankan terkait pencurian aset PT Pertamina Hulu Rokan (PHR). Dari 15 pelaku, ada 7 lokasi yang jadi target pencurian.

Para pelaku beraksi di daerah Balam dan Kepenghuluan Sintong sepanjang Januari sampai Mei 2022. Mereka beraksi dengan bekal alat las dan untuk memotong besi.”Hari ini 10 pelaku kita hadirkan. Sebelumnya 6 pelaku lainnya telah masuk tahap dua. Jadi totalnya ada 16 pelaku di tujuh lokasi pencurian di wilayah kerja PT Pertamina Hulu Rokan,” terang Nurhadi, Senin (9/5/2022).

Yang menbuat geleng kepala, para pelaku tidak berpikiran kalau apa yang dilakukan sangat bahaya. Sebab pencurian yang dilakukan itu penuh resiko karena semua penyangga minyak itu bertegangan tinggi.

BACA JUGA  30 Kg Sabu Diamankan di Riau, Kapolda Minta Bandarnya Dikejar

“Apalagi untuk giomembran atau pelapis kolam penampung limbah, itu juga lebih membahayakan lagi. Aakibat perbuatan prlaku menyebabkan PT Pertamina Hulu Rokan mengalami kerugian Rp 534 juta,” kata Nurhadi.

Selain kerugian akibat pencurian, pihak perusahaan pelat merah itu juga terhambat produksinya. Sebab sumber listrik ke beberapa sumurnya terganggu dan tidak dapat beroperasi.

“Polres Rokan Hilir sangat konsen terhadap kejadian pencurian ini dan menjadi atensi karena pencurian seperti ini menghambat proses produksi dan menurunkan jumlah produksi minyak mentah. Termaduk juga menimbulkan cost miliaran rupiah akibat barang yang dicuri harus diperbaiki,” tegas Nurhadi.

Kasatreskrim Polres Rohil AKP Eru Alsepa mengatakan aksi pelaku terbilang nekat. Sebab ada salah satu pelaku yang sampai terbakar akibat tersengat listrik tegangan tinggi di bagian tubuhnya.

BACA JUGA  Maling HP di Rumah Makan Lalu Jual di PJBO, Pria Pekanbaru Diciduk Polisi

“Ada pelaku yang kena listrik saat mencuri, masih anak dibawah umur. Dia ambil kabel untuk dijual lagi dann beli sabu sebagian,” katanya.

“Kerugian materil yang dari barang curi total Rp 534 juga. Tapi untuk dampaknya miliaran kerugian karena terhenti operasi sumur Pertamina, ini yang tidak mereka pahami dampak dari pencurian tersebut,” tegas Eru.

Leave A Reply

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini