Pekanbaru – Gubernur Riau Syamsuar melantik penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru Muflihun dan Bupati Kampar Kamsol. Pelantikan ternyata tak dihadiri mantan Wali Kota Pekanbaru, Firdaus.

Pelantikan digelar di gedung Pauh Janggi Gedung Daerah Provinsi Riau. Hadir dalam pelantikan Wakil Gubernur Riau, Edy Natar Nasution, Wakapolda Riau Brigjen Polisi Tabana Bangun hingga pejabat utama Pemkot Pekanbaru dan Pemkab Kampar.

Dari sejumlah undangan yang hadir, tidak terlihat ada Wali Kota Pekanbaru Firdaus. Di mana untuk penyerahan memori jabatan ke pejabat baru diserahkan wakilnya, Ayat Cahyadi.

“Penyerahan memori jabatan oleh Wakil Wali Kota Pekanbaru periode 2017-2022, bapak Ayat Cahyadi,” ucap Staf Protokol Pemprov Riau, Zuhri, Senin (23/5/2022).

Ketidakhadiran Firdaus di acara resmi ini bukan pertama kali. Firdaus juga tercatat tidak hadir saat pengumuman usul pemberhentian Wali Kota dan Wakil Wali Kota Pekanbaru periode 2017-2022 April lalu.

Dalam pengumuman tersebut yang hadir hanya Ayat Cahyadi. Sementara Firdaus absen dan tidak terlihat hadir dalam acara tersebut.

BACA JUGA  Malam Ini Pakar dari Belanda Ikut Bicara di Kenduri Pantun Riau

Ayat Cahyadi mengatakan Firdaus banyak kegiatan. Sehingga tidak dapat hadir dalam dua agenda penting tersebut.

“Beliau sibuk, banyak kegiatan. Sekarang sedang di Batam, beliau sudah sampaikan malam tadi tidak bisa hadir, ada acara,” ucap Ayat.

Meskipun begitu, Ayat memastikan Firdaus hadir saat pisah sambut dengan DPRD Pekanbaru beberapa waktu lalu. Bahkan keduanya mendapat kenang-kenangan foto dari perwakilan rakyat tersebut.

“Tapi kan saat kemarin di DPRD hadir. Kita dapat kenang-kenangan juga,” kata Ayat.

Sementara Syamsuar mengatakan penunjukan telah berdasarkan keputusan Kementerian Dalam Negeri. Penunjukan ini untuk mengisi kekosongan setelah jabatan Wali Kota dan Bupati habis pada 22 Mei.

“Yang dibutuhkan kerja sama dan keseriusan, karena itu saudara harus fokus sebagai Pj Wali Kota Pekanbaru dan Kampar. Suasa hari ini berbeda dari tahun-tahun lalu,” kata Syamsuar.

Untuk pengganti Muflihun di Sekretaris DPRD Riau dan Kamsol sebagai Kepala Dinas Pendidikan akan ditunjuk pelaksana tugas yang baru.

“Jabatan Sekretaris Dewan dan Kepala Dinas Pendidikan akan ditunjuk pelaksana tugas. Ini agar saudara fokus menjalankan tugas, koordinasi yang baik dengan DPRD, Ulama, datuk-datuk dan tokoh masyarakat.

BACA JUGA  Sabarudi: APBD 2021 Harus Realistis, Jangan Lagi Korbankan Insentif RT RW

Leave A Reply

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini