Pekanbaru – Sebuah video seorang pria ditarik orangutan di dalam kandang, viral di media sosial. Pria tersebut adalah Hasanal Arifin (19).

Ia ditarik orangutan yang ada di Kebun Binatang Kasang Kulim Zoo di Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Riau.

Peristiwa tersebut terjadi saat Hasanal Arifin berkunjung ke Kebun Binatang Kasang Kulim Zoo pada Senin (6/6/20220.

Dalam video 32 detik yang beredar, terekam Hasanal Arifin mendekati orangutan yang ada di dalam kandang dan mengarahkan kedua tangannya kepada orangutan tersebut.

Tak disangka, orangutan itu langsung menarik baju dan kaki Hasanal Arifin. Pria 19 tahun itu terlihat melepaskan pegangan orangutan yang begitu kuat dan ia pun berteriak minta tolong.

Tak lama, datang seorang pengunjung lain yang mencoba menolongnya.

Lompati pagar, buat konten lucu-lucuan

Pengelola Kebun Binatang Kasang Kulim, Desrizal membenarkan kejadian tersebut, Ia mengatakan pihak kebun binatang telah mendatangi rumah Hasanal Aifin.

BACA JUGA  Ditemukan Tewas di Parit Kebun Sawit, Pemuda di Riau Tinggalkan Tulisan 'Game Over'

Saat dimintai keterangan, Hasanal mengaku hendak membuat konten dengan orangutan. Ia nekat melompati pagar saat penjaga sedang istirahat makan seiang.

“Kami datang ke rumahnya secara baik-baik untuk menanyakan apa tujuan dia buat video dengan orangutan. Jadi, dia mengaku hanya iseng buat konten video,” ungkap Desrizal, saat diwawancarai Kompas.com melalui sambungan telepon, Selasa (7/6/2022) malam.

Ia menjelaskan, awalnya Hasanal hendak membuat konten lucu dengan orangutan. Namun, Hasanal tidak meminta izin untuk membuat video tersebut.

Dia juga melewati pagar pembatas kandang orangutan tanpa izin.

“Dia enggak ada izin ambil video dan tidak minta izin juga melewati pagar pembatas. Kalau ada izin, tentu kita dampingi,” jelas Desrizal.

BACA JUGA  Speedboat Tabrak Pompong di Perairan Sungai Beting Inhil, 3 Penumpang Meninggal

Alih-alih membuat video lucu, Hasanal justru membuat konten yang bisa membahayakan dirinya sendiri.

“Dia mau membuat konten lucu-lucu gitu, tapi enggak mau mengikuti aturan Kasang Kulim. Itu kan membahayakan diri dia sendiri. Kami enggak dikasih tahu. Tapi kalau keamanan kandang dan SOP kami sudah ada. Jadi, enggak mungkinlah kita yang disalahkan,” jelas Desrizal.

Ia mengatakan, sehari-hari orangutan dalam video tersebut biasanya jinak.

“Pengunjung tersebut telah melanggar aturan dengan melompati pagar pembatas dan menendang orangutan,” lanjutnya.

Hingga saat ini Desrizal tengah menunggu arahan pimpinan terkait kejadian ini.

Desrizal mengimbau pengunjung Kebun Binatang Kasang Kulim untuk tidak melanggar aturan yang telah ditetapkan di kebun binatang.

Setelah video tersebut viral di media sosial. Hasanal mengunggah permohonan dirinya melalui surat bermaterai dalam sebuah video lain.

Leave A Reply

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini