Dumai – Tim King Hunter, Satuan Reskrim Polres Dumai, berhasil meringkus tiga orang tersangka spesialis pencuri kabel tembaga milik PT Telkom Indonesia, Wirtel Riau Daratan, Pekanbaru, pada Senin (1/8/2022)

Tidak hanya berhasil mengamankan Tiga pelaku, Tim King Hunter Sat Reskrim Polres Dumai, juga berhasil meringkus seorang penadah kabel hasil curian.

Ketiga pelaku pencurian yakni RSS (37) warga Kampung Durian Kecamatan Labuhan Batu Selatan, Kota Pinang, IZ (52) warga jalan Muslim, Kelurahan Tanjung Palas, Kecamatan Dumai Timur dan MU (50) warga jalan Sudirman, Kelurarhan Teluk Binjai, Kecamatan Dumai Timur serta seorang penadah berinisial LS (47) diamankan terpisah, Senin (1/8/2022) dini hari.

Kapolres Dumai AKBP Nurhadi Ismanto, melalui Kanit Pidum Ipda Hendra Gaol, membenarkan adanya penangkapan keempat tersangka pencuri dan penadah kabel PT Telkom Indonesia di Dumai.

Ia menambahkan, Tiga tersangka yakni RSS, IZ dan MU diamankan saat sedang beraksi mengambil kabel tembaga bawah tanah milik PT Telkom yang berada di jalan Dock Yard, Kelurahan Pangkalan Sesai, Kecamatan Dumai Barat, tepatnya di gardu kontrol saluran telkom rumah milik PT Telkom Witel Riau Daratan, Senin (1/8) sekira pukul 02.00 WIB.

BACA JUGA  Terekam CCTV, Pencuri Kabel Listrik RSUD Puri Husada Tembilahan Riau Ditangkap

Ipda Hendra menjelaskan, ketiga pelaku berhasil diamankan setelah pihaknya mendapat informasi dari masyarakat ada tiga orang tersangka sedang menggali dan mengambil kabel tembaga bawah tanah di gardu saluran telpon rumah milik PT Telkom Indonesia di tempat kejadian perkara (TKP).

“Ketika mereka sedang mengambil paksa kabel tersebut, tim king hunter Satreskrim Polres Dumai mendatangi lokasi dan mengamakan ketiga pelaku yang tidak dapat berbuat banyak dan hanya pasrah diamankan petugas karena aksi pencurian mereka tertangkap tangan, ” katanya, Rabu (3/8/2022).

Lebih lanjut dijelaskanya, dalam aksinya mengambil kabel timah milik PT. Telkom yang ditanam di bawah tanah, para pelaku menggunakan parang, alat gali tanah dan katrol untuk memudahkan pelaku mengangkat kabel dari bawah ke permukaan untuk dipotong dan diambil.

Diterangkanya, dari pengakuan para tersangka, sebelumnya mereka sudah dua kali melakukan pencurian kabel milik Telkom di Dumai, dan barang hasil pencurian tersebut mereka jual dengan harga Rp 4,175.000 , dan secara keseluruhan mereka sudah tiga kali melakukan pencurian tersebut sebelum akhirnya tim King Hunter amankan.

BACA JUGA  Kedapatan 'Kantongi' Sabu-sabu, Warga di Riau Ini 'Diciduk' Polres Kampar

Ipda Hendra menerangkan, untuk dua kali aksi pencurian yang dilakukan oleh tersangka berlangsung pada Kamis (28/7/2022) dan berhasil menggondol 10 meter kabel timah milik PT. Telkom dan dijual kepada tersangka LS dengan harga Rp4,175.000 yang diakui tersangka uangnya dibagi tiga guna kebutuhan ekonomi mereka masing masing.

Disebutkannya, akibat kabel tembaga saluran telepon rumah yang di curi sepanjang kurang lebih10 meter tersebut, ‎PT. Telkom Witel Riau daratan pekanbaru mengalami kerugian mencapai Rp8.500.000

” Untuk tersangka RSS, IZ dan MU akan kita jerat dengan pasal 363 KUHPidana tentang pencurian dengan pemberatan dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara. sementara tersangka LS selalu penadah barang curian akan kita jerat dengan pasal 480 KUHPidana dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara, ” pungkas‎nya.

Leave A Reply

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini