Pekanbaru – Polda Riau menangkap seorang pria berinisial WA yang mengaku-ngaku sebagai Imam Mahdi.

Pria berusia 32 tahun ditangkapm polisi setelah dilaporkan istrinya.

Kabid Humas Polda Riau Kombes Sunarto mengatakan kepolisian melalui Direktorat Reserse Kriminal Umum tengah mengusut kasus tersebut. Pengusutan setelah Polda Riau mengamankan WA pada 6 September lalu.

“Benar telah diamankan di sebuah sekolah swasta seorang pria yang mengaku Imam Mahdi. Diamankan tim Ditreskrimum Polda Riau pada 6 September,” terang Sunarto di Mapolda, Kamis (15/9/2022).

Sunarto mengatakan pelaku diamankan di sebuah sekolah swasta di daerah Tiga Juhar, Sumatera Utara. Lokasi itu tercatat berbatasan dengan Provinsi Aceh.

Sunarto mengatakan penangkapan WA berawal dari laporan sang istri yang sudah tidak dinafkahi selama tiga tahun. Laporan pertama kali dibuat di Polres Kampar.

Dari laporan itu, polisi mendapat informasi terkait aktivitas WA. Polisi pun menyusuri keberadan WA dan menyusuri aktivitasnya di Tiga Juhar.

BACA JUGA  Tak Beradab, Pria di Riau Ini Cabuli Bocah Laki-Laki Anak Tetangganya saat Dititip

“Dari laporan itu kemudian tim bergerak ke sebuah sekolah swasta di Tiga Juhar. Lalu tim mengamankan WA,” katanya.

Selanjutnya polisi memeriksa sejumlah saksi. Termasuk mertua pelaku yang menyebut bahwa menantunya adalah Imam Mahdi dan punya banyak pengikut.

“Pengakuan saksi, WA bisa sembuhkan berbagai penyakit dan juga merupakan orang yang terpilih untuk membawa keselamatan,” imbuh Kombes Sunarto.

Pelaku Minta Anak Gadis Pengikut untuk Dijadikan Istri

Hasil pemeriksaan, para saksi mengaku pelaku kerap meminta anak gadis jemaahnya untuk dinikahi. Bahkan ada beberapa jemaah menuruti permintaan pelaku untuk menikahkan anaknya pada WA.

“Termasuk juga orang tua dari istri WA ini yang melapor ke polisi. Dia mengaku jika pernikahan anaknya diadakan dengan cara ditentukan sendiri,” kata Sunarto.

Tak hanya soal penipuan dan penyebaran berita bohong. Polisi juga mengusut atas temuan barang haram berupa narkoba di rumah pelaku saat penggrebekan.

BACA JUGA  Pria 22 Tahun Asal Sumut Ini Tega Perkosa Bocah 6 Tahun di Rohil Riau, Akhirnya Dibui

“Ada beberapa kasus masih dikembangkan sama penyidik. Dugaan banyak perbuatan pidana yang dilakukan WA ini,” kata Narto.

Leave A Reply

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini